TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints59867 UR - http://digilib.unila.ac.id/59867/ A1 - DENI KURNIAWAN, 1313022013 Y1 - 2019/06/24/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan suplemen buku siswa berbasis scientific approach terhadap hasil belajar dan sikap ilmiah pada materi dinamika gerak. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 dan siswa kelas X IPA 2 SMAN 15 Bandarlampung, di mana siswa kelas X IPA 1 berjumlah 35 orang dan siswa kelas X IPA 2 berjumlah 34 orang. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian pretest-posttest control group design. Data yang didapat kemudian diuji dengan analisis N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sampel t-test, dan analisis effect size Cohen?s D. Rata-rata N-gain hasil belajar pada kelas eksperimen 0,75 dan kelas kontrol 0,62. Rata-rata N-gain sikap ilmiah pada kelas eksperimen 0,32 dan kelas kontrol 0,23. Hasil uji beda N-gain hasil belajar menunjukkan nilai sig. (2-tailed) dengan nilai kurang dari 0,05 yaitu 0,001, maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan suplemen buku berbasis scientific approach terhadap hasil belajar. Hasil uji beda N-gain sikap ilmiah siswa menunjukkan nilai sig. (2-tailed) dengan nilai kurang dari 0,05 yaitu 0,000, maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan suplemen buku berbasis scientific approach terhadap sikap ilmiah siswa. Nilai effect size hasil belajar ialah 0,88 dan sikap ilmiah ialah 1,34. Berdasarkan nilai rata-rata N-gain siswa kelas eksperimen yang lebih tiggi dari kelas kontrol dan effect size yang diperoleh, maka suplemen buku siswa berbasis scientific approach dapat digunakan untuk membantu meningkatkan hasil belajar sikap ilmiah siswa. Kata Kunci: Suplemen Buku Siswa, Scientific Approach, Hasil Belajar, Sikap Ilmiah. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PENERAPAN SUPLEMEN BUKU SISWA BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH SISWA AV - restricted ER -