@misc{eprints5991, month = {Nopember}, title = {PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP OLEH SISWA PADA MATERI POKOK GERAK TUMBUHAN }, author = {0913024035 Ermayanti Sutiyo}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/5991/}, abstract = { ABSTRAK This research has purpose to know the influences of discovery learning method towards learning activities and conceptual understanding. Samples were VIIC and VIIDthat was chosen by purposive sampling. This research design was pretest-postest non equivalent group. The quantitative data was obtained from the average value of test that were analyzed using t-test and U-test.The qualitative data are student learning activities and quostionnaire responses that analyzed descriptively. The result showed that the discovery learning improved students conceptual understanding that proof byN-gain average 59,74. Students learning activity grow up in all of aspects at the experiment class. Whereas students learning activities in experiment class wasincrease with the average score of all aspect in high criteria (85,71\%). Beside that, most of the students gave positive response towards audio discovery learning. Thus, discovery learning canimproved students learning activities and conceptual understanding. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode discovery learning terhadap aktivitas dan penguasaan konsep oleh siswa. Desain penelitian ini adalah pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIc dan VIID yang dipilih secara purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata tes yang dianalisis menggunakan uji U dan uji t. Data kualitatif berupa data aktivitas siswa yang dianalisis secara dekriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode discovery dapat meningkatkan penguasaan konsep dengan rata-rata nilai N-gain 59,74. Aktivitas belajar juga mengalami peningkatan untuk semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen. Dengan demikian rata-rata peningkatan aktivitas berkriteria tinggi (85,71\%). Sejalan dengan hal itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan dengan metode discovery learning.Dengan demikian, pembelajaran menggunakan dengan metode discovery learningdapatmeningkatkan aktivitasbelajardanpenguasaankonsepolehsiswa. Kata kunci: aktivitas belajar, discovery learning, penguasaan konsep } }