@misc{eprints59934, month = {Februari}, title = {PENGARUH PLATFORM PEMBELAJARAN DARING, MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR DI RUMAH TERHADAP PEMAHAMAN SUBSTANSIAL MATERI KULIAH MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI PADA MASA NEW NORMAL }, author = {1713031037 NUR ANISA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KIP}, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/59934/}, abstract = {Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh platform pembelajaran daring, motivasi belajar dan fasilitas belajar di rumah terhadap pemahaman substansial materi kuliah pada masa new normal. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex-post facto dan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung angkatan 2017, 2018, dan 2019 yang berjumlah 193 mahasiswa dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 130 mahasiswa dengan menggunakan metode Isaac-Michael. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling, sedangkan pengumpulan datanya menggunakan wawancara, dokumentasi dan kuesioner (angket). Uji hipotesis dilakukan secara parsial dan simultan dengan menggunakan uji t dan uji F. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan platform pembelajaran daring, motivasi belajar dan fasilitas belajar di rumah terhadap pemahaman substansial materi kuliah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung pada masa new normal dengan Fhitung sebesar 140,838 dan Ftabel sebesar 2,68 yang berarti Fhitung {\ensuremath{>}} Ftabel dengan kadar determinasi sebesar 77\%, sisanya sebesar 23 \% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci : Platform Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar di Rumah dan Pemahaman Substansial Materi Kuliah } }