TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints5994 UR - http://digilib.unila.ac.id/5994/ A1 - FATIMAH, 1113069024 Y1 - 2014/10/19/ N2 - ABSTRAK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BENDA KONKRIT DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS III SDN 2 WAY GUBAK BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Oleh FATIMAH Aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas III di SD N 2 Way Gubak masih rendah maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas III SD N 2 Way Gubak Bandar Lampung menggunakan alat peraga Benda Konkrit. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar, alat pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes, dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data tentang aktivitas belajar siswa dan kinerja guru diperoleh melalui observasi dengan menggunakan lembar observasi, hasil belajar siswa diperoleh melalui tes hasil belajar yang dilakukan pada akhir setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Hasil ini didukung oleh peningkatan rata-rata aktivitas siswa pada siklus I hanya 50,69% (sedang) dan pada siklus II naik menjadi 63,19% (tinggi). Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata nilai belajar siswa dari rerata nilai siklus 1 = 57,26 menjadi 62,44 pada siklus II. Kata kunci: aktivitas siswa, hasil belajar, alat peraga benda konkrit PB - Fakultas KIP TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BENDA KONKRIT DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS III SDN 2 WAY GUBAK BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 AV - restricted ER -