@misc{eprints59948, month = {Maret}, title = {PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TPACK TERHADAP PENGUATAN KARAKTER MANDIRI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG}, author = {1813032006 Soni Ariatama}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/59948/}, abstract = {Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan melihat bagaimana pengaruh pemanfaatan media pembelajaran berbasis TPACK terhadap penguatan karakter mandiri peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian yakni peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 74 responden dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik angket dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini yakni menggunakan uji regresi sederhana dengan bantuan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara pengaruh pemanfaatan media pembelajaran berbasis TPACK terhadap penguatan karakter mandiri peserta didik kelas VII sebesar 53 \% dengan indikator variabel independen (X) yaitu : akses, biaya, dan interaktivitas. Kemudian dalam indikator variabel dependen (Y) yaitu : menjalankan intruksi dari guru dengan baik, fokus dan konsistensi belajar, dan menyelesaikan tugas sendiri. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran berbasis TPACK berpengaruh positif sebesar 53 \% terhadap penguatan karakter mandir peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Bandar Lampung. Media pembelajaran TPACK yang di kembangkan peneliti merupakan sebagai media pendamping peserta didik selama proses pembelajaran selain media berbasis teknologi lainnya yang digunakan oleh guru di SMP Negeri 2 Bandar Lampung. } }