%0 Generic %A NINDI ELITA SARI , 1613022033 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:59969 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERORIENTASI HOTS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN DIRI DAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN HUKUM GRAVITASI NEWTON %U http://digilib.unila.ac.id/59969/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan diri dan hasil belajar siswa dengan mengimplementasikan model pembelajaran inkuiri terbimbing beorientasi HOTS pada materi Hukum Newton tentang gravitasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kotaagung dengan melibatkan 34 siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala kemampuan diri dan lembar tes soal hukum Newton tentang gravitasi. Data yang diperoleh pada penelitian dianalisis menggunakan N-Gain dan uji paired sampel t-test. Hasil penelitian dengan mengimplementasikan model pembelajaran inkuiri terbimbing berorientasi HOTS pada materi Hukum Gravitasi Newton terdapat peningkatan skor rata-rata kemampuan diri dengan N-gain sebesar 0,33 dan skor rata-rata hasil belajar dengan N-gain 0,54. Terdapat perbedaan kemampuan diri dan hasil belajar secara signifikan antara pretest dan posttest (asymp sig.(2-tailed) < 0,005). Selain itu terdapat hubungan kemampuan diri dengan hasil belajar dengan nilai pearson correlation sebesar 0,558. Kata kunci: Inkuiri terbimbing, Hasil Belajar, Kemampuan dir