%0 Generic %A ZAHRA AULIA NATASHA, 1713054037 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:59985 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN MAKRO TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI LISAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN %U http://digilib.unila.ac.id/59985/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan berkomunikasi lisan anak usia 5-6 tahun belum sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berkomunikasi lisan anak sebelum dan sesudah menggunakan metode bermain peran makro dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode bermain peran makro terhadap kemampuan berkomunikasi lisan anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan sampel berjumlah 30 anak. Alat pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan berkomunikasi lisan anak sebelum dan sesudah menggunakan metode bermain peran makro dengan niali p=0,000 (p<0,05) yang berarti ada pengaruh metode bermain peran makro terhadap kemampuan berkomunikasi lisan anak dengan p=0,000 (p<0,05) dan persamaan regresi yaitu sebesar 9,346. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bermain peran dapat membantu untuk menstimulasi kemampuan berkomunikasi lisan anak usia 5-6 tahun. Kata kunci: bermain peran makro, kemampuan berkomunikasi lisan anak usia 5-6 tahun.