TY - THES ID - eprints60029 UR - http://digilib.unila.ac.id/60029/ A1 - SUWATRI, 2023011008 Y1 - 2022/03/29/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis potensi dan kondisi pengembangkan media pembelajaran blog berbasis hypermedia, 2) menghasilkan media pembelajaran blog berbasis hypermedia. 3) mendeskripsikan karakteristik media pembelajaran blog berbasis hypermedia, 4) menganalisis efektifitas media pembelajaran blog biologi berbasis hypermedia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain 4D ( Define, Design, Develop and Disseminate). Subjek penelitian sebanyak 28 siswa kelas XII MIPA 1 SMA N 2 Gedongtataan. Pengambilan data menggunakan catatan guru, observasi, wawancara, angket dan tes efektifitas melalui pretest dan postest. Data dianalisis menggunakan N-gain. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa : (1) potensi dan kondisi di SMA Negeri 2 Gedongtataan mendukung dan memungkinkan untuk dilakukan pengembangan media pembelajaran blog berbasis hypermedia ,(2) produk yang divalidasi memenuhi validitas tinggi, (3) karakteristik dari media ini dapat digunakan secara online, semua bahan dan sumber belajar telah disusun sistematis sesuai indikator dan tujuan pembelajaran pada KD metabolisme, terdapat video praktikum dan video animasi, serta berbasis hypermedia, (4) media ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa pada konsep metabolisme. Kata kunci: media blog, hypermedia, hasil belajar, metabolisme This research aims to 1) analyze the potential and conditions for developing hypermedia-based blog learning media, 2) produce hypermedia-based blog learning media. 3) describe the characteristics of hypermedia-based blog learning media, 4) analyze the effectiveness of hypermedia-based biology blog learning media. This research is a development research using 4D design (Define, Design, Develop and Disseminate). The subjects taken in this study were 28 students of class XII MIPA 1 SMA N 2 Gedongtaaan. Collecting data using teacher notes, observations, interviews, questionnaires and effectiveness test throught pretest and postest. Data were analyzed using N-gain. The results of this research and development show that: (1) the potential and conditions at SMA Negeri 2 Gedongtaaan are very supportive and allow for the development of hypermedia-based blog learning media, (2) validated products meet high validity, (3) the characteristics of this media can be used online, all learning materials and resources have been systematically arranged according to indicators and learning objectives in metabolic basics, thera are practicum videos and animatid videos, as well as hypermedia-based, (4 ) this media is effective for improving students' biology learning outcomes in the odd semester class XII metabolism. Keywords: media blog, hypermedia, learning outcomes, metabolism PB - UNIVERSITAS LAMPUNG M1 - masters TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BLOG BERBASIS HYPERMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA KONSEP METABOLISME AV - restricted EP - 2023011008 ER -