%0 Generic %A MELDA RYNIA PARASMAYA, 1713041034 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:60034 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN KONSTEKTUAL DALAM PEMBELAJARAN CERITA PENDEK UNTUK SISWA KELAS XI SMA %U http://digilib.unila.ac.id/60034/ %X Masalah di dalam penelitian ini ialah bagaimana peneliti dapat mengembangakan bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasipenekatan konstektual dalam cerita pendek. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilan satu produk berupa bahan ajar LKPD yang dikembangkan berdasarkan dosen Ahli Materi dan Praktisi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D). penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahapan dari Borg dan Gall yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan penulis. Produk yang dihasilkan berupa LKPD yang dinilai oleh dosen ahli pembelajaran Bahasa Indonesia dan Praktisi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan yang dilakukan oleh peneliti sudah sesuai dengan hasil penilaian dari Ahli Materi dan Praktisi. Penilaian dari ahli materi kategorikan layak dengan persentase 74,8 % sedangkan dari praktisi Bahasa Indonesia kategorikan sangat layak dengan persentase 88,23%. Kata kunci : LKPD, Konstektual, Cerita Pendek.