?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=1753023004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=EFEKTIVITAS+PEMBELAJARAN+BERBASIS+INQUIRY+SOCIAL+COMPLEXITY+MENGGUNAKAN+MULTIMEDIA+INTERAKTIF+UNTUK+MENINGKATKAN+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KRITIS+SISWA%0D%0A&rft.creator=I+Komang+Edo+Brelian+Paradigma%2C+1753023004&rft.subject=507+Pendidikan%2C+penelitian%2C+topik+terkait+ilmu+pengetahuan+alam&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mendeskripsikan+efektivitas+pembelajaran+berbasis+inquiry+social+complexity+(ISC)+menggunakan+multimedia+interaktif+untuk+meningkatkan+kemampuan+berpikir+kritis+siswa.++Populasi+dalam+penelitian+ini+adalah+siswa+kelas+X+SMA+Negeri+1+Seputih+Banyak.++Sampel+dalam+penelitian+ini+yaitu+kelas+X4+sebagai+kelas+eksperimen+dan+kelas+X3+sebagai+kelas+kontrol.+Pengambilan+sampel+dilakukan+dengan+menggunakan+teknik+random+sampling.+Pada+penelitian+ini+digunakan+metode+kuasi+eksperimen+dengan+desain+pretest-postest+control+group.++Efektivitas+pembelajaran+berbasis+inquiry+social+complexity+(ISC)+menggunakan+multimedia+interaktif+untuk+meningkatkan+ke-mampuan+berpikir+kritis+siswa+diukur+dari+perbedaan+rata-rata+nilai+n-Gain+yang+signifikan+antara+kelas+kontrol+dan+eksperimen.++Hasil+uji+independent+sample+t-test++menunjukkan+rata-rata+nilai+n-Gain+kemampuan+berpikir+kritis+siswa+di+kelas+eksperimen+dengan+pembelajaran+ber-basis+inquiry+social+complexity+(ISC)+menggunakan+multimedia+interaktif+lebih+tinggi+dibandingkan+dengan+rata-rata+nilai+n-Gain+kemampuan+berpikir+kritis+siswa+di+kelas+kontrol+yang+hanya+menggunakan+pembelajaran+konvensional.+Ukuran+pengaruh+dihitung+menggunakan+effect+size.++Hasil+uji+effect+size+me-nunjukkan+bahwa+pengaruh+pembelajaran+berbasis+inquiry+social+complexity+(ISC)+menggunakan+multimedia+interaktif+lebih+tinggi+dibandingkan+pengaruh+pem-belajaran+konvensional.++Berdasarkan+hasil+yang+didapatkan%2C+dapat+disimpulkan+bahwa+pembelajaran+berbasis+inquiry+social+complexity+(ISC)+menggunakan+multimedia+interaktif+berpengaruh+besar+dan+efektif+dalam+meningkatkan+kemampuan+berpikir+kritis+siswa+pada+materi+larutan+elektrolit+dan+non+elektrolit.%0D%0A%0D%0A%0D%0AKata+kunci%3A+efektivitas%2C+inquiry+social+complexity+(ISC)%2C+multimedia+interaktif%2C+kemampuan+berpikir+kritis%2C+larutan+elektrolit+dan+non+elektrolit.&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2022-04-19&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F60042%2F1%2F1.%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F60042%2F3%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F60042%2F4%2F3.%2520SKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++I+Komang+Edo+Brelian+Paradigma%2C+1753023004++(2022)+EFEKTIVITAS+PEMBELAJARAN+BERBASIS+INQUIRY+SOCIAL+COMPLEXITY+MENGGUNAKAN+MULTIMEDIA+INTERAKTIF+UNTUK+MENINGKATKAN+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KRITIS+SISWA.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F60042%2F