TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints60051 UR - http://digilib.unila.ac.id/60051/ A1 - Wulan Handayani, 1813032038 Y1 - 2022/// N2 - Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran PPKn berbasis TPACK terhadap partisipatory skill peserta didik kelas XI SMK KH.Ghalib Pringsewu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMK KH.Ghalib Pringsewu. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 69 responden. Teknik penghitungan data menggunakan bantuan SPSS versi 20. Berdasarkan hasil perhitungan analisis regresi sederhana yang digununakan dalam penelitian ini diperoleh nilai t_hitung untuk variabel Pembelajaran PPKn Berbasis TPACK sebesar 8,789 dengan dk = 69-2 = 67 pada ? 0,05 sebesar 0,2369. Dengan demikian t_hitung > t_tabel atau 8,789 > 0,2369. Hal ini menunjukan bahwa hipotesis H_0 ditolak dan hipotesis H_1 diterima yang berarti hasil penelitian yang didapatkan menunjukan terdapat pengaruh pembelajaran PPKn berbasis TPACK terhadap partisipatory skill peserta didik kelas XI SMK KH.Ghalib Pringsewu yang mempunyai pengaruh positif sebesar 53,6% yang dapat dikategorikan berpengaruh. Akan tetapi, pengaruh pembelajaran PPKn berbasis TPACK bukan satu-satunya factor yang mempengaruhi partisipatory skill peserta didik. Kata Kunci: Pembelajaran PPKn Berbasis TPACK, Partisipatory Skill, Peserta Didik PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PEMBELAJARAN PPKN BERBASIS TPACK TERHADAP PARTISIPATORY SKILL PESERTA DIDIK KELAS XI SMK KH GHALIB PRINGSEWU AV - restricted ER -