title: PENGEMBANGAN MODUL PENINGKATAN PENYESUAIAN DIRI MENGGUNAKAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS X SMA AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2020/2021 creator: ELGY ROYUKHI YUSRI, 1513052029 subject: 370 Pendidikan subject: 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus description: Masalah penelitian ini adalah tingkat penyesuaian diri siswa di sekolah yang rendah. Penelitian bertujuan untuk menyusun dan menghasilkan modul peningkatan penyesuaian diri pada siswa kelas X SMA Al – Kautsar Bandar Lampung. Penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Metode penelitian pengumpulan data menggunakan desain penelitian dan pengembangan 4D yaitu Define, Design, Develop, Disseminate. Subjek penelitian ini subjek terbatas berjumlah 5 subjek dengan metode uji coba produk. Persentase penilaian kelayakan modul di peroleh 78,6 %. Hasil uji coba lapangan diperoleh sebesar 84,84 % dari komponen perencanaan dan 85,2% dari komponen pelaksanaan dengan kriteria baik. Kesimpulan penelitian ini adalah modul pengembangan peningkatan penyesuaian diri menggunakan bimbingan kelompok teknik Role Playing pada siswa kelas X SMA Al – Kautsar tahun ajaran 2020/2021 ini secara keseluruhan layak digunakan. Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Pengembangan Modul, Penyesuaian Diri, Role Play. publisher: FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN date: 2021 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/60068/1/ABSTRAK%20-%20Elgy%20Royukhi%20Yusri%20Mangunang.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/60068/2/SKRIPSI%20FULL%20-%20Elgy%20Royukhi%20Yusri%20Mangunang.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/60068/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: ELGY ROYUKHI YUSRI, 1513052029 (2021) PENGEMBANGAN MODUL PENINGKATAN PENYESUAIAN DIRI MENGGUNAKAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS X SMA AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2020/2021. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/60068/