%A 1813041002 Nadia Okta Sari %T PENGGUNAAN AFIKS DALAM TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI (LHO) PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS X %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan afiks dalam Teks Laporan Hasil Observasi (LHO) pada Buku Teks Bahasa Indonesia Siswa Kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data peneltian ini diperoleh dari Buku Teks Bahasa Indonesia Siswa Kelas X Terbitan Kemendikbud Edisi Revisi Tahun 2017. Data penelitian ini berupa afiks dari Teks LHO dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Siswa Kelas X Terbitan Kemendikbud Edisi Revisi Tahun 2017. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi nontes. Teknik analisis data digunakan teknik BUL (Bagi Unsur Langsung). Berdasarkan hasil analisis penggunaan afiks pada teks-teks LHO dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Siswa Kelas X didominasi oleh penggunaan prefiks yang terdiri atas prefiks meN-, prefiks peN-, prefiks se-, prefiks ter-, prefiks ber-, prefiks di-, dan prefiks serapan maha-. Selanjutnya, penggunaan konfiks terdiri atas konfiks per-/-an, konfiks di-/-kan, konfiks meN-/-i, konfiks ke-/-an, konfiks meN-/-kan, konfiks peN-/-kan, konfiks di-/-i, konfiks ber-/-kan, dan konfiks ber-/an. Penggunaan sufiks terdiri atas penggunaan sufiks -an dan sufiks terapan -wan. Adapun penggunaan afiks yang paling sedikit pada teks LHO tersebut ialah penggunaan infiks, yakni infiks -em-. Penggunaan prefiks pada lima teks LHO tersebut sebanyak 54 kata berprefiks, penggunaan konfiks sebanyak 36 kata berkonfiks, penggunaan sufiks sebanyak 14 kata bersufiks, dan penggunaan infiks sebanyak 1 kata berinfiks. Dari jumlah tersebut ditemukan 1 penggunaan afiks yang kurang tepat, 1 penggunaan prefiks serapan, dan 1 sufiks serapan. Pada penelitian ini tidak ditemukan simulfiks karena teks yang menjadi subjek penelitian ini berupa teks yang menggunakan bahasa baku, sedangkan simulfiks saat ini hanya terdapat pada bahasa Indonesia non baku, seperti ngopi, nyate, nyoto. kata kunci: afiks, prefiks, infiks, sufiks, konfiks %D 2022 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1813041002 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints60077