%0 Generic %A Masyitoh Istiqomah, 1716041074 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:60139 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %T STRATEGI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI DI MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (Studi pada SMA Negeri 9 Bandar Lampung) %U http://digilib.unila.ac.id/60139/ %X Program Gerakan Literasi Sekolah merupakan salah satu program yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam mengatasi permasalahan tingkat literasi di inadonesia yang cukup rendah dilihat dari survei beberapa lembaga terkait. SMA Negeri 9 Bandar Lampung pernah menjadi pilot project program Gerakan Literasi Sekolah, namun pelaksanaannya saat ini memiliki tantangan yang baru yaitu COVID-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini mengakaji terkait strategi implementasi GLS di SMA Negeri 9 Bandar Lampung pada masa pandemi COVID-19 bedasarkan teori strategi implementasi Hinggins yaitu, Perencanaan Integral dan Sistem Pengendalian, Kepemimpinan, Motivasi dan Sistem Komunikasi, dan Manajemen Sumber Daya Manusia dan Kultur Organisasi. Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan program tersebut tetap berjalan dengan mengacu pada lima aspek strategi yang sudah ditetapkan oleh Tim GLN Kemendikbud dan pelaksanaannya lebih berfokus pada literasi digital, dalam kepemimpinan SMA Negeri 9 Bandar Lampung memiliki pemimpin dengan gaya kepemimpinan pastisipatif yang selalu memotivasi para bawahannya untuk melaksanakan tugasnya dengan baik, dan SMA Negeri 9 Bandar Lampung memiliki budaya organisasi yang seluruh warga sekolah mengetahui tugasnya masing-masing sehingga dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Program Gerakan Literasi Sekolah ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu, kemampuan ekonomi siswa, pandemi COVID-19, sarana dan prasaran yang mendukung, dukungan dari CSR. Kata Kunci: Implementasi Strategi, Gerakan Literasi Sekolah, COVID-19