%0 Generic %A Rika Meiliana Tohar, 0913021061 %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:6015 %I FKIP %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA %U http://digilib.unila.ac.id/6015/ %X Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran investigasi kelompok terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bandarlampung tahun pelajaran 2013/2014 yang terdistribusi dalam delapan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B dan VIII-D yang diambil dengan teknik purposive random sampling. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran investigasi kelompok berpengaruh tidak positif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Kata Kunci: berpikir kreatif matematis, investigasi kelompok, konvensional