@mastersthesis{eprints60206, month = {April}, title = {PENGEMBANGAN VIRTUAL REALITY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PERAKITAN KOMPUTER SISWA KELAS X MENGGUNAKAN GAME ENGINE UNITY DI SMK MA?ARIF 1 METRO}, school = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, author = {2023011004 Andri Saputra}, year = {2022}, keywords = {virtual reality, perakitan komputer, keterampilan, android, unity}, url = {http://digilib.unila.ac.id/60206/}, abstract = {Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan dengan metode pengembangan yang bertujuan untuk menganalisis potensi dan kondisi, proses pengembangan, karakteristik produk, respon pengguna serta efektifitas untuk peserta didik SMK Ma?arif 1 Metro terhadap materi perakitan komputer. Subjek penelitian merupakan peserta didik kelas X Teknik Komputer dan Jaringan tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner, wawancara dan observasi. Hasil analisis potensi dan kondisi di sekolah perlu pengembangan media. Hasil validasi oleh ahli media mendapatkan persentase rata-rata 73,5\% (layak digunakan), uji validasi ahli materi mendapatkan persentase rata-rata 92\% (sangat layak digunakan), kemudian untuk validasi ahli desain menunjukkan bahwa produk dalam kategori menarik atau baik dan layak digunakan. Uji coba produk terhadap pendidik mendapatkan rata-rata 84,6\% (sangat menarik), dan hasil uji coba terhadap peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 81 (sangat menarik). Hasil uji peningkatan keterampilan menunjukkan rata-rata sebanyak 81,31 (baik) setelah menggunakan media yang menyatakan pembelajaran berbasis virtual reality ini meningkatkan keterampilan bagi peserta didik.} }