creators_name: Andri Saputra, 2023011004 creators_id: andri.saputra19@gmail.com type: thesis datestamp: 2022-04-21 02:27:25 lastmod: 2022-04-21 02:27:25 metadata_visibility: show title: PENGEMBANGAN VIRTUAL REALITY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PERAKITAN KOMPUTER SISWA KELAS X MENGGUNAKAN GAME ENGINE UNITY DI SMK MA’ARIF 1 METRO ispublished: pub subjects: 607 full_text_status: restricted keywords: virtual reality, perakitan komputer, keterampilan, android, unity abstract: Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan dengan metode pengembangan yang bertujuan untuk menganalisis potensi dan kondisi, proses pengembangan, karakteristik produk, respon pengguna serta efektifitas untuk peserta didik SMK Ma’arif 1 Metro terhadap materi perakitan komputer. Subjek penelitian merupakan peserta didik kelas X Teknik Komputer dan Jaringan tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner, wawancara dan observasi. Hasil analisis potensi dan kondisi di sekolah perlu pengembangan media. Hasil validasi oleh ahli media mendapatkan persentase rata-rata 73,5% (layak digunakan), uji validasi ahli materi mendapatkan persentase rata-rata 92% (sangat layak digunakan), kemudian untuk validasi ahli desain menunjukkan bahwa produk dalam kategori menarik atau baik dan layak digunakan. Uji coba produk terhadap pendidik mendapatkan rata-rata 84,6% (sangat menarik), dan hasil uji coba terhadap peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 81 (sangat menarik). Hasil uji peningkatan keterampilan menunjukkan rata-rata sebanyak 81,31 (baik) setelah menggunakan media yang menyatakan pembelajaran berbasis virtual reality ini meningkatkan keterampilan bagi peserta didik. date: 2022-04-21 date_type: published pages: 136 institution: UNIVERSITAS LAMPUNG department: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN thesis_type: masters referencetext: Bahar, Y. N. (2014). Aplikasi Teknologi Virtual Realty Bagi Pelestarian Bangunan Arsitektur. Desain Kontruksi, 13(2), 34–45. Herlambang dan Aryoseto (2016). Potensi Virtual Reality Berbasis Smartphone sebagai Media Belajar Mahasiswa Kedokteran. Cermin Dunia Kedokteran. (Kartikasari, 2016:4). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA: Studi Eksperimen pada Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Pandantoyo. Jurnal Dinamika Penelitian. https://doi.org/10.21274/dinamika.2016.16.1.59-77 Liana and Leonard, (2016). Pengembangan Media Belajar Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Matematika. www.journal.lppmunindra.ac.id Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Media. Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Trianto. 2009.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group. Anwar, Chairul. 2017. Teori - Teori Pendidikan Klasik Hingga Kontemporer. Yogyakarta: IRCISoD Daryanto. 2013. Belajar dan mengajar. Bandung: CV. Yrama Widya Syaiful, Sagala. 2011. Konsep dan Makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta Yudhi, Munandi. 2008. Strategi dan Metode Dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press. Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta. Trianto. 2009.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group. Sudjana, 2005. Metode Statistika Edisi ke-6. Bandung: Tarsito Isjoni, dkk. 2007. Pembelajaran Visioner Perpaduan Indonesia dan Malaysia. Jakarta: Pusaka Belajar Gagne, Robert M. 2013.Kondisi Belajar Dan Teori Pembelajaran. Terjemahan. Munansir. Jakarta. Hasyim, Adelina. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi. Wayan.2009. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gramedia Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Bambang Wahyudi (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Sulita Soemardi (1992). Pendidikan Keterampilan. Jakarta : Depdikbud Davis Gordon (1999). Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen. Jakarta : PT. Pustaka Binaman Presindo Nadler (1986). Keterampilan dan Jenisnya. Jakarta : PT.Grafindo Persada Gunawan, D. L., Liliana, & Budhi, G. S. (2016). Pembuatan Kebun Binatang Virtual Untuk Pembelajaran Mengenai Binatang Liar, 6. Sihite, B., Samopa, F., & Sani, N. A. (2013). Pembuatan Aplikasi 3D Viewer Mobile dengan Menggunakan Teknologi Virtual Reality (Studi Kasus: Perobekan Bendera Belanda di Hotel Majapahit). Teknik POMITS, 2(2), 1–5. Pranata, M. A., Santyadiputra, G. S., & Sindu, I. G. P. (2017). Game Balinese Fruit Shooter Berbasis Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Di Taman Kanak- Kanak. Edutech, 16(3), 305–324. Lasse Jensen & Flemming Konradsen (2018). A review of the use of virtual reality head-mounted displays in education and training. Springer. https://doi.org/10.1007/s10639-017-9676-0 Alqahtani et al.,(2017). Environments and System Types of Virtual Reality Technology in STEM: A Survey. (IJACSA) International Journal of Advanced Computer Science and Applications Muhimmah dkk.,(2012). Metode Stereo Vision untuk memperkirakan jarak objek dari kamera. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SANATI 2012) Wann et al.,(1995). Natural problems for stereoscopic depth perception in virtual environments. Vision Research https://doi.org/10.1016/0042-6989(95)00018-U Nagpal, V. (2016). Android Sensor Programming By Example. Birmingham: Packt Publishing Ltd. wahyu,.(2014). GAME ADVENTURE MISTERI KOTAK PANDORA. TELEMATIKA. http://dx.doi.org/10.35671/telematika.v7i2.247 Sujatmiko, Eko. 2012. Kamus Teknologi informasi dan komunikasi. Surakarta: Aksarra Sinergi Media. Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Sugiyono (2011). Metode penelitian kuntitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta Yudha citation: Andri Saputra, 2023011004 (2022) PENGEMBANGAN VIRTUAL REALITY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PERAKITAN KOMPUTER SISWA KELAS X MENGGUNAKAN GAME ENGINE UNITY DI SMK MA’ARIF 1 METRO. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/60206/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/60206/2/Tesis%20Full.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/60206/3/Tesis%20Full%20tanpa%20Pembahasan.pdf