%0 Generic %9 Other %A Bambang Jatmiko, 0811011031 %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:6023 %I Fakultas Ekonomi dan Bisnis %T PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PUSKESMAS RAJABASA INDAH BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/6023/ %X ABSTRAK Pelayanan kesehatan yang berkualitas adalah pelayanan kesehatan yang peduli dan terpusat pada kebutuhan, harapan, serta niai-nilai pelanggan sebagai titik tolak penyediaan pelayanan kesehatan dan menjadi persyaratan yang harus dapat dipenuhi agar dapat memberikan kepuasan kepada masyarakat sebagai pengguna jasa pelayanan. Masyarakat berharap untuk mendapatkan penyelenggaraan pelayanan kesehatan dilaksanakan secara bertanggung jawab, aman, bermutu, serta merata dan non-diskriminatif, sehingga hak-hak pasien sebagai penerima pelayanan kesehatan tersebut dapat terlindungi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Apakah kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien. Objek penelitian ini adalah pasien yang sedang mengunjungi Puskesmas dan pasien yang pernah berkujung ke Puskesmas Rajabasa Indah di Bandar Lampung. Untuk mengetahui apakah faktor kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien digunakan analisis regresi linier berganda. Untuk menguji hipotesis digunakan uji F dan untuk melihat kontribusi setiap variabel bebas secara parsial digunakan uji t. Hasil uji F didapatkan Fhitung (29,741) lebih besar dari Ftabel (2,311) artinya variabel bebas secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan sehingga hipotesis pada penelitian ini yang didasarkan pada penelitian terdahulu diterima. Koefisian R. Square sebesar 0.613 menunjukkan variasi variabel bebas dapat menjelaskan 61,3% terhadap variabel terikat. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien pada Pusekesmas Rajabasa Indah Bandar Lampung. Variabel bukti langsung mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini ditunjukkan dengan kontribusi yang lebih besar dibandingkan variabel yang lain, yaitu dengan hasil perhitungan uji t diperoleh skor t hitung 5.971 dan nilai signifikansi (.000) α < 5% . Saran pada penelitian ini, Puskesmas Rajabasa Indah harus meningkatkan pelayananannya pada aspek bukti langsung, kehandalan, jaminan, daya tanggap, dan empati karena terbukti memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan.