TY - THES ID - eprints60240 UR - http://digilib.unila.ac.id/60240/ A1 - SUTINO, 1923012001 Y1 - 2021/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan mengenai kepemimpinan kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah ramah anak (SRA) dengan mengembangkan empat prinsip sekolah ramah anak. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif untuk mendapatkan gambaran fenomenologis suatu peristiwa yang terjadi. Teknik pengumpulan data menggunakan catatan lapangan,pwawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Tahap analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dengan kemampuan manajerialnya mengembangkan empat prinsip sekolah ramah anak. Pertama, terwujudnya prinsip non diskriminasi dengan tidak ada lagi kekerasan fisik dan verbal. Kedua, keterlibatan peserta didik dalam pengambilan keputusan dan kebijakan sekolah. Ketiga, persamaan martabat anak dengan memberikan hak-haknya secara penuh. Keempat, memberikan penghormatan dan penghargaan terhadap kehidupan anak. Terpenuhinya empat prinsip tersebut maka terwujud sekolah ramah anak dengan membudayakan sekolah yang ramah terhadap anak. Kata Kunci: kepemimpinan kepala sekolah, sekolah ramah anak, pandemi Covid-19 iv This research aims to analyze and describe the principal?s leadership in realizing children friendly schools (SRA) by developing four principles of children-friendly schools. The method in this research was descriptive qualitative to get a phenomenological picture of an event that occurred. Techniques of data collection used field notes, indepth interviews, and documentation studies. The data analysis stages were data collection, data reduction, data presentation, drawing conclusions and data verification. The validity test of the data was carried out by triangulation of sources and triangulation of theories. The results of this study showed that the principal's leadership with managerial abilities developed four children-friendly school principles. First, the realization of the principle of non-discrimination by eliminating physical and verbal violence. Second, the involvement of students in making school decisions and policies. Third, equality of children's dignity by giving them their full rights. Fourth, giving respect and appreciation for children's lives. The fulfillment of these four principles created children-friendly schools by cultivating children-friendly schools. Keywords: principal leadership, children friendly schools, Covid-19 pandemic PB - Universitas Lampung M1 - masters TI - KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMP NEGERI 1 GADINGREJO DI ERA PANDEMI COVID-19 AV - restricted ER -