@misc{eprints60286, month = {Januari}, title = {APLIKASI PENGOLAHAN CITRA UNTUK ALAT BANTU PENENTU KELUAR ATAU MASUKNYA SHUTTLECOCK PADA OLAHRAGA BADMINTON (SINGLE)}, author = {1515031019 Tuah Wisnu Parhitean}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS TEKNIK}, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/60286/}, abstract = {Hakim garis dalam suatu pertandingan badminton sering mengalami kesalahan dalam menentukan shuttlecock masuk atau keluar. Hal ini dapat merugikan pemain badminton. Salah satu cara untuk mengurangi kesalahan wasit dengan cara mengganti hakim garis dengan automatic linesman sehingga dapat mengurangi kesalahan hakim garis dalam menentukan shuttlecock masuk atau keluar.pada penelitian ini menggunakan satu buah mikrokontroler Raspberry pi 3, kamera logitech C270, dan LED dimana raspberry untuk mengolah data sedangkan kamera untuk menginput citra yang didapatkan dan LED untuk indikator shuttlecock tersebut masuk atau keluar. Pengolahan data citra dengan menggunakan metode Background Substraction.Hasil pengujian didapatkan dari 20 kali percobaan lemparan keluar dan masuk masing masing percobaan menghasilkan persentase akurasi 65\%, presisi 60\% dan recall 70\%. Pada penelitian ini sudah dapat menentukan shuttlecock keluar atau masuk. Kata kunci : Shuttlecock, Citra, Badminton, Automatic Linesman. Background Substraction. } }