TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints60388 UR - http://digilib.unila.ac.id/60388/ A1 - FIKA NURHARDITA, 1818011031 Y1 - 2022/04/18/ N2 - Latar Belakang: Project-based learning merupakan pembelajaran yang menerapkan ide-ide mahasiswa melalui aktivitas. Dalam menerapkan Projectbased Learning diperlukan motivasi. Mahasiswa yang termotivasi akan mempunyai pemahaman serta fokus yang lebih mendalam terhadap konten pembelajaran dibandingkan mahasiswa yang kurang termotivasi. Tujuan penelitian yaitu mengetahui hubungan motivasi belajar mahasiswa dengan nilai project pada Blok Elektif Biologi Molekular di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Tahun Ajaran 2021-2022. Metode penelitian: Pada Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-analitik dengan pendeketan studi potong lintang. Sampel penelitian ini adalah 27 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Instrument yang digunakan untuk mengukur tingkat motivasi belajar adalah lembar kuesioner Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ). Penelitian ini juga menggunakan data sekunder berupa nilai project Blok Elektif Biologi Molekular. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 27 orang mahasiswa, terdapat 24 (88,9%) mahasiswa motivasi tinggi dengan rerata nilai project 77,45 dan terdapat 3 (11,1%) mahasiswa motivasi sedang dengan rerata nilai project 71,33. Data secara statistik diuji dengan uji Mann-Whitney dan didapatkan nilai p 0,005. Simpulan: Terdapat hubungan antara motivasi belajar mahasiswa dengan nilai project pada Blok Elektif Biologi Molekular di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Tahun Ajaran 2021-2022. Mahasiswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi mendapatkan nilai project lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang memiliki motivasi belajar sedang. Kata Kunci: blok elektif biologi molekular, motivasi belajar, project PB - FAKULTAS KEDOKTERAN TI - HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DENGAN NILAI PROJECT PADA BLOK ELEKTIF BIOLOGI MOLEKULAR DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG TAHUN AJARAN 2021-2022 AV - restricted ER -