%0 Generic %A Asbiq Al Alawi, 1817051026 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:60392 %I FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM %T PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE E-COMMERCE PRODUK RISET UNIVERSITAS LAMPUNG MENGGUNAKAN METODE SCRUM (PUBLIC APPS) %U http://digilib.unila.ac.id/60392/ %X Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Lampung mempunyai tugas untuk mengelola kegiatan penelitian dan pengabdian bagi civitas akademika. Hasil penelitian yang dibutuhkan adalah publikasi dalam seminar atau jurnal dan inovasi produk hasil penelitian. Penelitian yang sudah dalam tahap hilirisasi dapat meningkatkan Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi khususnya IKU 5, yaitu Hasil Kerja Dosen Digunakan Masyarakat Atau Meraih Pengakuan Internasional. Pada penelitian ini dikembangkan sebuah aplikasi mobile e-commerce untuk membantu publikasi dan pemasaran produk penelitian di Universitas Lampung. Penelitian ini dikembangkan menggunkaan metode Scrum. Scrum adalah kerangka kerja pengembangan proyek perangkat lunak dan pengembangan produk atau aplikasi. Selama proyek berlangsung, pelanggan atau pengguna akan dilibatkan untuk memberikan umpan balik dan koreksi. Aplikasi yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah aplikasi untuk masyarakat umum (public apps). Aktor dalam aplikasi ini yang merupakan masyarakat umum dapat melakukan pembelian produk penelitian yang tersedia di aplikasi UnilaHub.