@misc{eprints60415, title = {PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMPN 40 BANDAR LAMPUNG}, author = {1713043042 MASTIANI SEPFITRI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2021}, url = {http://digilib.unila.ac.id/60415/}, abstract = {Motivasi merupakan dorongan untuk mencapai tujuan tertentu. Rendahnya motivasi belajar siswa disebabkan oleh faktor eksternal yaitu lingkungan seperti: keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh lingkungan terhadap motivasi belajar siswa di SMPN 40 Bandar Lampung. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data dilakukan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik, orang tua siswa, guru seni budaya, kuesioner, foto, serta data yang tersusun di dalam bentuk dokumen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis dengan menggunakan langkah-langkah yaitu mereduksi data, menyajikan data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian mengenai pengaruh lingkungan terhadap terhadap siswa SMPN 40 Bandar Lampung pada kelas 8D yaitu adanya faktor eksternal yaitu di lingkungan keluarga seperti ekonomi, hubungan keluarga /suasana rumah dan pengawasan orang tua terhadap pergaulan siswa yang menghambat siswa dalam belajar. Faktor eksternal tersebut mempengaruhi faktor internal yang menyebabkan motivasi belajar siswa menurun. Teori humanistik menjelaskan siswa dapat berhasil dalam belajar jika siswa bisa memahami lingkungan dan dirinya sendiri, terbukti bahwa siswa kelas 8D ternyata memiliki kesadaran dan tujuan yang ingin dicapai sehingga motivasi belajar siswa masih ada. Kata kunci: pengaruh lingkungan, motivasi belajar, teori humanistik. Motivation is an urge to achieve certain goals. The low learning motivation of students is caused by external factors, namely the environment such as the family. The purpose of this study was to describe the influence of the environment on students' learning motivation at SMPN 40 Bandar Lampung. This study uses a qualitative descriptive method with data collection carried out in the form of observations, interviews, and documentation. Sources of data in this study were students, parents, teachers of arts and culture, questionnaires, photos, and data arranged in the form of documents. Data analysis used in this study is an analytical technique using the steps of reducing data, presenting data and drawing conclusions. The results of the study on the influence of the environment on the students of SMPN 40 Bandar Lampung in grade 8D, namely the existence of external factors, namely in the family environment such as the economy, family relationships/ home atmosphere and parental supervision of student associations that hinder students in learning. These external factors affect internal factors that cause students' learning motivation to decrease. On humanistic theory, students can succeed in learning if students can understand the environment and themselves. It is proven that 8D grade students have awareness and goals to be achieved, so that students' learning motivation is still there. Keywords: environmental influence, learning motivation, humanistic theory.} }