@misc{eprints60435, month = {Maret}, title = {PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG PRAKTIKUM MEKANIKA DAN TERMODINAMIKA DASAR UNIVERSITAS LAMPUNG }, author = {1763025001 AROMADON WAMEPA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/60435/}, abstract = {Perkembanganoteknologi danoilmu pengetahuanosaat iniosemakin pesat mengakibatkanopembelajaran online sepenuhnya dapat terjadi. Merebaknya virus Covid-19oyang melandaoseluruh belahanodunia menuntut semua orang yang berasal dari semua bidang, termasuk para pelaku bidang pendidikan untuk menggunakan sistem Belajar Dari Rumah (BDR). Praktikum mahasiswa pada normalnya dilakukan secara langsung dengan praktik di laboratorium. Namun dengan adanya kebijakan BDR menyebabkan praktikum dilakukan secara online dengan mengamati video dan materi praktikum yang dibagikan oleh dosen ataupun asisten dosen. Dengan demikian pengembangan teknologi Augmented Reality sebagai pendukung praktikum Mekanika dan Termodinamika Dasar berbasis Android dapat mendukung praktikum online. Penelitianoiniobertujuan untuk mengetahui kevaliditasanodan kepraktisan aplikasi AR sebagai pendukung praktikum Mekanika dan Termodinamika Dasar berbasis Android sebagai pendukung praktikum Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Lampung. Desain penelitian yangidigunakan adalah Research andoDevelopment (R\&D) denganosubjek penelitian MahasiswaoPendidikaniFisika Universitas Lampung. Prosedur penelitian menggunakan modeloAnalysis, Design,oDevelopment, Implementation,oand Evaluationi(ADDIE). Informasi yangodigunakan adalahosurvei persetujuan master dan polling reaksi klien. Berdasarkan angket validasi ahli, aplikasi AR pendukung praktikum dinyatakan valid dengan nilai rata-rata uji ahli isi 78\% dan uji ahli media 98\%. Penilaian yang didapat dari uji respons mahasiswa mendapat rata-rata 77\% dan uji respons dosen dengan nilai rata-rata 78\%. Kata Kunci : Android, Augmented Reality, Praktikum.} }