<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "PERAN DAN HAMBATAN YANG DIALAMI IBU SEBAGAI ORANG\r\nTUA SAAT MENDAMPINGI ANAK DALAM PROSES\r\nPEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID – 19\r\n(Studi Kasus pada Wali Murid SD N 2 Labuhan Ratu)"^^ . "ABSTRAK\r\n\r\nPERAN DAN HAMBATAN YANG DIALAMI IBU SEBAGAI ORANG\r\nTUA SAAT MENDAMPINGI ANAK DALAM PROSES\r\nPEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19\r\n(Studi Kasus pada Wali Murid SD N 2 Labuhan Ratu)\r\n\r\nOleh\r\nLeritiansi\r\n\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam mendampingi\r\nanaknya selama proses pembelajaran daring berlangsung serta untuk mengetahui\r\nhambatan atau kendala yang dijumpai dan mengetahui capaian apa saja yang\r\ndidapat dari diterapkannya pembelajaran daring di SD N 2 Labuhan Ratu. Latar\r\nbelakang penelitian ini ialah semenjak diterapkannya pembelajaran daring di masa\r\npandemi Covid-19 tak sedikit orang tua yang mengeluh karena mereka harus\r\nmemerankan peran ganda antara menjadi orang tua dan juga menjadi seorang guru\r\nsekaligus. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan\r\nkualitatif. Ada 9 orang tua yang menjadi informan dalam penelitian ini. Metode\r\npengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah wawancara\r\nmendalam, observasi dan dokumentasi. Untuk metode analisis data sendiri dengan\r\ncara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil\r\npenelitian ini menunjukkan bahwa ada lima peran yang dijalankan oleh ibu\r\nsebagai orang tua selama mendampingi sang anak melakukan pembelajaran daring\r\ndiantaranya sebagai pendidik, pengawas, fasilitator, motivator dan teman. Adapun\r\nbeberapa hambatan yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti, kurangnya\r\npemahaman terhadap materi, latar belakang pendidikan orang tua, tingkat\r\nekonomi orang tua (fasilitas yang diberikan). Untuk capaian yang didapat dari\r\npenelitian ini diantaranya selama pembelajaran daring berlangsung hubungan ibu\r\nmenjadi lebih dekat dengan anak, selain itu orang tua dapat memahami dan\r\nmengenali lebih jauh tentang karakteristik anaknya.\r\nKata kunci : Covid-19, Pembelajaran Daring, Orang Tua, Ibu, Peran, Hambatan\r\niii\r\n\r\n5\r\n\r\nABSTRACT\r\n\r\nROLES AND OBSTACLES EXPERIENCED BY MOTHER AS PARENTS\r\nWHEN ASSISTING CHILDREN IN ONLINE LEARNING PROCESSES IN\r\n\r\nTHE COVID-19 PANDEMIC\r\n\r\n(Case Study on Guardians of Students of SD N 2 Labuhan Ratu)\r\n\r\nBy\r\nLeritiansi\r\n\r\nThis study aims to determine the role of parents in accompanying their children\r\nduring the online learning process as well as to find out the obstacles or obstacles\r\nencountered and find out what achievements are obtained from the\r\nimplementation of online learning at SD N 2 Labuhan Ratu. The background of\r\n\r\nthis research is that since the implementation of online learning during the Covid-\r\n19 pandemic, not a few parents have complained because they have to play a dual\r\n\r\nrole between being a parent and also being a teacher at the same time. This study\r\nuses a descriptive method with a qualitative approach. There were 9 parents who\r\nbecame informants in this study. Data collection methods used in this study were\r\nin-depth interviews, observation and documentation. For the data analysis method\r\nitself by means of data reduction, data presentation, and drawing conclusions or\r\nverification. The results of this study indicate that there are five roles that are\r\ncarried out by mothers as parents while accompanying their children to do online\r\nlearning including as educators, supervisors, facilitators, motivators and friends.\r\nAs for some of the obstacles caused by several factors such as lack of\r\nunderstanding of the material, the educational background of the parents, the\r\neconomic level of the parents (the facilities provided). For the achievements\r\nobtained from this research, among others, during online learning, the mother's\r\nrelationship becomes closer to the child, besides that parents can understand and\r\nrecognize more about the characteristics of their child.\r\nKeywords: Covid-19, Online Learning, Parents, Mother, Roles, Barriers"^^ . "2021" . . . . . "FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK"^^ . . . . . . . "\t1716011022"^^ . "LERI TIANSI"^^ . "\t1716011022 LERI TIANSI"^^ . . . . . . "PERAN DAN HAMBATAN YANG DIALAMI IBU SEBAGAI ORANG\r\nTUA SAAT MENDAMPINGI ANAK DALAM PROSES\r\nPEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID – 19\r\n(Studi Kasus pada Wali Murid SD N 2 Labuhan Ratu) (File PDF)"^^ . . . "1. ABSTRAK-ABSTRACT - LERI.pdf"^^ . . . "PERAN DAN HAMBATAN YANG DIALAMI IBU SEBAGAI ORANG\r\nTUA SAAT MENDAMPINGI ANAK DALAM PROSES\r\nPEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID – 19\r\n(Studi Kasus pada Wali Murid SD N 2 Labuhan Ratu) (File PDF)"^^ . . . "PERAN DAN HAMBATAN YANG DIALAMI IBU SEBAGAI ORANG\r\nTUA SAAT MENDAMPINGI ANAK DALAM PROSES\r\nPEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID – 19\r\n(Studi Kasus pada Wali Murid SD N 2 Labuhan Ratu) (File PDF)"^^ . . . "3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - LERI.pdf"^^ . . . "PERAN DAN HAMBATAN YANG DIALAMI IBU SEBAGAI ORANG\r\nTUA SAAT MENDAMPINGI ANAK DALAM PROSES\r\nPEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID – 19\r\n(Studi Kasus pada Wali Murid SD N 2 Labuhan Ratu) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PERAN DAN HAMBATAN YANG DIALAMI IBU SEBAGAI ORANG\r\nTUA SAAT MENDAMPINGI ANAK DALAM PROSES\r\nPEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID – 19\r\n(Studi Kasus pada Wali Murid SD N 2 Labuhan Ratu) (Other)"^^ . . . . . . "PERAN DAN HAMBATAN YANG DIALAMI IBU SEBAGAI ORANG\r\nTUA SAAT MENDAMPINGI ANAK DALAM PROSES\r\nPEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID – 19\r\n(Studi Kasus pada Wali Murid SD N 2 Labuhan Ratu) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PERAN DAN HAMBATAN YANG DIALAMI IBU SEBAGAI ORANG\r\nTUA SAAT MENDAMPINGI ANAK DALAM PROSES\r\nPEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID – 19\r\n(Studi Kasus pada Wali Murid SD N 2 Labuhan Ratu) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERAN DAN HAMBATAN YANG DIALAMI IBU SEBAGAI ORANG\r\nTUA SAAT MENDAMPINGI ANAK DALAM PROSES\r\nPEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID – 19\r\n(Studi Kasus pada Wali Murid SD N 2 Labuhan Ratu) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERAN DAN HAMBATAN YANG DIALAMI IBU SEBAGAI ORANG\r\nTUA SAAT MENDAMPINGI ANAK DALAM PROSES\r\nPEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID – 19\r\n(Studi Kasus pada Wali Murid SD N 2 Labuhan Ratu) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERAN DAN HAMBATAN YANG DIALAMI IBU SEBAGAI ORANG\r\nTUA SAAT MENDAMPINGI ANAK DALAM PROSES\r\nPEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID – 19\r\n(Studi Kasus pada Wali Murid SD N 2 Labuhan Ratu) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PERAN DAN HAMBATAN YANG DIALAMI IBU SEBAGAI ORANG\r\nTUA SAAT MENDAMPINGI ANAK DALAM PROSES\r\nPEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID – 19\r\n(Studi Kasus pada Wali Murid SD N 2 Labuhan Ratu) (Other)"^^ . . . . . . "PERAN DAN HAMBATAN YANG DIALAMI IBU SEBAGAI ORANG\r\nTUA SAAT MENDAMPINGI ANAK DALAM PROSES\r\nPEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID – 19\r\n(Studi Kasus pada Wali Murid SD N 2 Labuhan Ratu) (Other)"^^ . . . . . . "PERAN DAN HAMBATAN YANG DIALAMI IBU SEBAGAI ORANG\r\nTUA SAAT MENDAMPINGI ANAK DALAM PROSES\r\nPEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID – 19\r\n(Studi Kasus pada Wali Murid SD N 2 Labuhan Ratu) (Other)"^^ . . . . . . "PERAN DAN HAMBATAN YANG DIALAMI IBU SEBAGAI ORANG\r\nTUA SAAT MENDAMPINGI ANAK DALAM PROSES\r\nPEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID – 19\r\n(Studi Kasus pada Wali Murid SD N 2 Labuhan Ratu) (Other)"^^ . . . . . . "PERAN DAN HAMBATAN YANG DIALAMI IBU SEBAGAI ORANG\r\nTUA SAAT MENDAMPINGI ANAK DALAM PROSES\r\nPEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID – 19\r\n(Studi Kasus pada Wali Murid SD N 2 Labuhan Ratu) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERAN DAN HAMBATAN YANG DIALAMI IBU SEBAGAI ORANG\r\nTUA SAAT MENDAMPINGI ANAK DALAM PROSES\r\nPEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID – 19\r\n(Studi Kasus pada Wali Murid SD N 2 Labuhan Ratu) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERAN DAN HAMBATAN YANG DIALAMI IBU SEBAGAI ORANG\r\nTUA SAAT MENDAMPINGI ANAK DALAM PROSES\r\nPEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID – 19\r\n(Studi Kasus pada Wali Murid SD N 2 Labuhan Ratu) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERAN DAN HAMBATAN YANG DIALAMI IBU SEBAGAI ORANG\r\nTUA SAAT MENDAMPINGI ANAK DALAM PROSES\r\nPEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID – 19\r\n(Studi Kasus pada Wali Murid SD N 2 Labuhan Ratu) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #60472 \n\nPERAN DAN HAMBATAN YANG DIALAMI IBU SEBAGAI ORANG \nTUA SAAT MENDAMPINGI ANAK DALAM PROSES \nPEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID – 19 \n(Studi Kasus pada Wali Murid SD N 2 Labuhan Ratu)\n\n" . "text/html" . . . "301 Sosiologi dan antropologi" . .