%0 Generic %A Aqshal Arlian Raya, 1713032024 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2021 %F eprints:60512 %I FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PENDIDIKAN MORAL TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SMA NEGERI 5 METRO %U http://digilib.unila.ac.id/60512/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pendidikan moral terhadap pembentukan karakter peserta didik SMA Negeri 5 Metro. Jenis penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kuantitatif.Subjek penelitian adalah peserta didikSMA Negeri 5 Metro yang berjumlah 752 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 88 orang responden.Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa teknik angket pada variabel independen (X) dan padavariabel dependen (Y). Alat bantu untuk menganalisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara pendidikan moral terhadap pembentukan karakter peserta didik dengan indikator variabel independen (X)yaitu: membina dan menanamkan nilai moral, meningkatkan dan memperluas tatanan nilai keyakinan seseorang atau kelompok dan membina meningkatkan jati diri atau kualitas diri manusiaserta variabel dependen (Y) yaitu: religius, disiplin dan peduli lingkungan. Kata Kunci : Pendidikan Moral, Pembentukan Karakter ii THE EFFECT OF MORAL EDUCATION ON CHARACTER FORMING OFSMA NEGERI 5 METRO STUDENTS By Aqshal Arlian Raya The purpose of this study was to determine and analyze the influence of education moral towards the formation of the character of SMA Negeri 5 Metro students. The type of research used is a quantitative approach. The research subjects were students of SMANegeri 5 Metro, totaling 752 people. The sample in this study were 88 respondents. Data collection was obtained using research instruments in the form of a questionnaire technique on the independent variable (X) and on the dependent variable (Y). The tool for analyzing the data in this study is using SPSS 25. The results show that there is an influence between moral education on the formation of students' character with indicators of the independent variable (X), namely: fostering and instilling moral values, increasing and expanding the order of beliefs of a person or group and fostering improving the identity or quality of human beings as well as the dependent variable. (Y) namely: religious, disciplined and caring for the environment. Keywords: Moral Education, Character Building