?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=IMPLEMENTASI+PBL+DENGAN+PENDEKATAN+STEM+BERBASIS%0D%0ABLENDED+LEARNING+PADA+TOPIK+ENERGI+UNTUK%0D%0A%0D%0AMENINGKATKAN+KEMAMPUAN%0D%0APROBLEM+SOLVING&rft.creator=MEISY+RUSLINA+SARI%2C+1713022028&rft.subject=530+Fisika&rft.description=%0D%0APenelitian+ini+bertujuan+untuk+mendeskripsikan+peningkatan+kemampuan+problem%0D%0Asolving+peserta+didik+dengan+mengimplementasikan+PBL+dengan+pendekatan%0D%0ASTEM+berbasis+blended+learning+pada+topik+energi.+Penelitian+ini+dilaksanakan+di%0D%0ASMA+Al-Azhar+3+Bandar+Lampung+menggunakan+penelitian+eksperimen+dengan%0D%0Adesain+penelitian+non-equivalent+control+group+design.+Alat+pengumpulan+data%0D%0Apada+penelitian+ini+menggunakan+soal+tes+pada+materi+energi.+Data+hasil+belajar%0D%0Adianalisis+dengan+uji+independent+sample+T-Test.+Hasil+penelitian+menunjukkan%0D%0Abahwa%2C+N-Gain+pada+kelas+eksperimen+sebesar+0%2C43+dengan+kategori+sedang+dan%0D%0AN-Gain+pada+kelas+kontrol+sebesar+0%2C32+dengan+kategori+sedang.+Hasil+uji%0D%0Ahipotesis+independent+simple+T-test+diperoleh+nilai+sig.+sebesar+0%2C008+%3C0%2C05%0D%0Amenunjukkan+bahwa+terdapat+perbedaan+peningkatan+rata-rata+kemampuan%0D%0Aproblem+solving+pada+kelas+eksperimen+dan+kelas+kontrol.+Rata-rata+persentase%0D%0Akenaikan+indikator+problem+solving+pada+kelas+eksperimen+sebesar+29%2C45%25%0D%0Asedangkan+pada+kelas+kontrol+23%2C33%25.+Hasil+uji+effect+size+diperoleh+nilai+sebesar%0D%0A0%2C999+dengan+kategori+besar+yang+berarti+pembelajaran+PBL+dengan+pendekatan%0D%0ASTEM+berbasis+blended+learning+berpengaruh+sangat+baik+dalam+meningkatkan%0D%0Akemampuan+problem+solving+peserta+didik.+Berdasarkan+hasil+tersebut+dapat%0D%0Adiketahui+bahwa+terdapat+peningkatan+kemampuan+problem+solving+peserta+didik%0D%0Apada+kelas+eksperimen+dengan+mengimplementasikan+PBL+dengan+pendekatan%0D%0ASTEM+berbasis+blended+learning+lebih+tinggi+dibandingan+dengan+kelas+kontrol%0D%0Adengan+mengimplementasikan+PBL+pendekatan+saintifik.%0D%0A%0D%0AKata+kunci%3A+PBL%2C+Pendekatan+STEM%2C+Energi%2C+Kemampuan+Problem+Solving%2C%0D%0ABlended+Learning&rft.publisher=FAKULTAS+MATEMATIKA+DAN+ILMU+PENGETAHUAN+ALAM&rft.date=2021&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F60544%2F1%2FABSTRAK%2520-%2520Meisy%2520Ruslina%2520Sari.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F60544%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL%2520-%2520Meisy%2520Ruslina%2520Sari.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F60544%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN%2520-%2520Meisy%2520Ruslina%2520Sari.pdf&rft.identifier=++MEISY+RUSLINA+SARI%2C+1713022028++(2021)+IMPLEMENTASI+PBL+DENGAN+PENDEKATAN+STEM+BERBASIS+BLENDED+LEARNING+PADA+TOPIK+ENERGI+UNTUK+MENINGKATKAN+KEMAMPUAN+PROBLEM+SOLVING.++FAKULTAS+MATEMATIKA+DAN+ILMU+PENGETAHUAN+ALAM%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F60544%2F