TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints60544 UR - http://digilib.unila.ac.id/60544/ A1 - MEISY RUSLINA SARI, 1713022028 Y1 - 2021/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan problem solving peserta didik dengan mengimplementasikan PBL dengan pendekatan STEM berbasis blended learning pada topik energi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung menggunakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan soal tes pada materi energi. Data hasil belajar dianalisis dengan uji independent sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,43 dengan kategori sedang dan N-Gain pada kelas kontrol sebesar 0,32 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis independent simple T-test diperoleh nilai sig. sebesar 0,008 <0,05 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan rata-rata kemampuan problem solving pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata persentase kenaikan indikator problem solving pada kelas eksperimen sebesar 29,45% sedangkan pada kelas kontrol 23,33%. Hasil uji effect size diperoleh nilai sebesar 0,999 dengan kategori besar yang berarti pembelajaran PBL dengan pendekatan STEM berbasis blended learning berpengaruh sangat baik dalam meningkatkan kemampuan problem solving peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan kemampuan problem solving peserta didik pada kelas eksperimen dengan mengimplementasikan PBL dengan pendekatan STEM berbasis blended learning lebih tinggi dibandingan dengan kelas kontrol dengan mengimplementasikan PBL pendekatan saintifik. Kata kunci: PBL, Pendekatan STEM, Energi, Kemampuan Problem Solving, Blended Learning PB - FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TI - IMPLEMENTASI PBL DENGAN PENDEKATAN STEM BERBASIS BLENDED LEARNING PADA TOPIK ENERGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING AV - restricted ER -