%0 Generic %A MASNIARI, 0913021010 %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:6058 %I FKIP %T PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA %U http://digilib.unila.ac.id/6058/ %X Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan post-test only control design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap MTs Al Hikmah Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII.A dan VIII.D yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pendekatan kontekstual berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: konvensinal, pemecahan masalah matematis, pendekatan kontekstual