@misc{eprints606, month = {September}, title = {MENINGKATKAN PRESTASI PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN METODE INQUIRI PADA SISWA KELAS IV SDN 1 KOTAKARANG TELUKBETUNG BARAT BANDAR LAMPUNG}, author = {ANGGRAWATI }, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas KIP}, year = {2011}, url = {http://digilib.unila.ac.id/606/}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi pembelajaran IPA menggunakan metode inquiri pada siswa kelas IV. Metode yang digunakan dalam pelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumen hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Kotakarang Telukbetung Barat Bandar Lampung yang berjumlah 30 orang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa peremuan. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode inquiri dapat meningkatkan prestasi belajar. Hal ini ditunjukkan berdasarkan peningkatan rata-rata nilai tes formatif siswa pada siklus I sebesar 60,83, dan pada siklus II sebesar 77,33 atau meningkat lebih baik sebesar 16,5\%. Aktivitas belajar siswa pada siklus I menunjukkan tingkat aktitivitasnya sebesar 75\%, dan pada siklus II sebesar 90,62\% atau meningkat sampai 15,62\%, dengan demikian Indikator keberhasilan penelitian ini telah tercapai dan materi pembelajaran yang telah diberikan dinilai baik. Kata Kunci: Prestasi belajar; Metode inquiri.} }