TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints6060 UR - http://digilib.unila.ac.id/6060/ A1 - Ivana Artha Nitza, 0913034047 Y1 - 2014/10/14/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar geografi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan tipe Group Investigation pada post-test pertama, (2) perbedaan hasil belajar geografi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan tipe Snowball Throwing pada post-test kedua, (3) perbedaan yang signifikan rerata hasil belajar geografi dengan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan Group Investigation. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sekampung. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar geografi pada materi lingkungan hidup. Soal yang digunakan untuk tes hasil belajar geografi berupa soal MGMP tahun pelajaran 2010/2011. Analisis data yang digunakan adalah Uji Independent Sample T-Tes dan Analisis Varians Satu Jalan dengan Uji Lanjut Tukey-HSD. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah data penelitian adalah Program SPSS Versi 20.0 For Windows. Kesimpulan dalam penelitian ini: (1) ada perbedaan hasil belajar geografi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan tipe Group Investigation pada post-test pertama, (2) ada perbedaan hasil belajar geografi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan tipe Snowball Throwing pada post-test kedua, (3) rata-rata hasil belajar geografi dengan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing lebih tinggi dibandingkan dengan tipe Group Investigation. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DAN TIPE GROUP INVESTIGATION PADA MATERI LINGKUNGAN HIDUP KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SEKAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013 AV - restricted ER -