@misc{eprints60606, title = {PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE ( Studi pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sumberjaya Kabupaten Lampung Barat Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021)}, author = {1713021028 BINTANG REGINA ASTUTI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2021}, url = {http://digilib.unila.ac.id/60606/}, abstract = {Penelitian dengan pendekatan kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sumberjaya Kabupaten Lampung Barat Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 yang terdistribusi dalam tiga kelas. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 sebanyak 33 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah desain korelasional sebab akibat (cause and effect ). Data Penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari skala kemandirian belajar siswa dan tes kemampuan komunikasi matematis dengan materi barisan dan deret. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear sederhana. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif antara kemandirian belajar dan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran online. Kata kunci : Kemandirian Belajar, Kemampuan Komunikasi Matematis, Pembelajaran online } }