@misc{eprints60611, title = {HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR ANAK DI ERA NEW NORMAL PANDEMI COVID-19}, author = {1753053022 NI NYOMAN ERVALNA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2021}, url = {http://digilib.unila.ac.id/60611/}, abstract = {ABSTRAK HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR ANAK DI ERA NEW NORMAL PANDEMI COVID-19 Oleh Ni Nyoman Ervalna Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas rendah SD Negeri 1 Rama Murti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan signifikan antara peran orang tua dalam pendampingan dengan hasil belajar, peran orang tua dalam motivasi belajar dengan hasil belajar, peran orang tua dalam pendampingan dan motivasi belajar, dan peran orang tua dalam pendampingan dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar anak kelas rendah SD Negeri 1 Rama Murti. Jenis penelitian yaitu ex-postfacto kolerasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu angket (kuisioner) dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpulan data berupa angket skala linkert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan kolerasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan yang signifikan antara peran orang tua dalam pendampingan dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar dengan nilai koefisien kolerasi sebesar 0,687 pada taraf ?Kuat?. Kata kunci: hasil belajar, pendampingan, motivasi. iii ABSTRACT RELATIONSHIPS THE ROLE OF PARENTS IN ASSISTANCE AND LEARNIANG MOTIVATION WITH CHILDREN?S LEARNING OUTCOMES IN THE ERA OG THE NEW NORMAL PANDEMI COVID-19 By Ni Nyoman Ervalna The problem in this research is the low learning outcomes of low grade students at SD Negeri 1 Rama Murti. This study aims to determine the significant relationship between the role of parents in mentoring and learning outcomes, the role of parents in learning motivation and learning outcomes, the role of parents in mentoring and learning motivation, and the role of parents in mentoring and learning motivation together with learning outcomes of low grade SD Negeri 1 Rama Murti. This type of research is ex-postfacto correlation. The data collection techniquesused werw questionnaires and documentation study. The instrument for data collection is a questionnarie with a linkert scale, wich was previously tested for validity and reliability. Data analysis using product moment correlation multiple correlation. The result showed that there was a significant relationship between the role of parents in mentoring and learning motivation together with learning outcomes with a correlation coefficient value of 0,687 being at a level of ?Strong?. Keywords : learning outcomes, mentoring, motivation.} }