<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK MENSTIMULUS HOTS\r\nPESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA STATIS \r\nBERBASIS STEM "^^ . "Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-modul untuk menstimulus HOTS \r\npeserta didik pada materi fluida statis berbasis STEM. Penelitian ini \r\nmenggunakan metode penelitian pengembangan research and development\r\n(R&D) menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap penelitian yaitu\r\nanalysis, design, development,implementation and evaluation. Instrumen yang \r\ndigunakan adalah instrumen tes dan non tes berupa lembar validasi ahli untuk \r\nmengetahui kevalidan e-modul yang dikembangkan, instrumen respon peserta \r\ndidik untuk mengetahui kepraktisan e-modul yang dikembangkan dan tes berupa \r\nsoal keterampilan berpikir tingkat tinggi untuk mengetahui keefektifan e -modul \r\nyang dikembangkan. \r\nHasil penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa belum dikembangkan e-modul \r\nberbasis STEM serta kemampuan HOTS yang belum optimal. Sehingga perlu \r\nadanya bahan ajar yang dapat menstimulus HOTS peserta didik. \r\niv\r\nMera afriyanti\r\nMaka peneliti mengembangkan produk e-modul berbasis Science, Technology, \r\nEngeneering and Mathmetics (STEM). Pada tahap design peneliti membuat \r\nkerangka struktur sumber belajar, sistematika penyajian materi, membuat draf t\r\nproduk awal, membuat story board berbasis STEM dan materi yang \r\ndikembangkan. Selain itu membuat beberapa kuesioner validasi, kuesioner uji \r\nsatu lawan satu, kuesioner respon peserta didik, dan kuesioner tes berupa soal \r\npilihan ganda. Pada tahap development dilakukan uji validasi isi, konstruk, dan \r\nbahasa pada e-modul dengan pendekatan STEM. Validasi isi memperoleh \r\npersentase 81%, validasi konstruk 86%, dan validasi bahasa 88% dengan kategori \r\nsangat layak. Selain itu dilakukan uji keterbacaan satu lawan sat u menggunakan emodul berbasis STEM memperoleh persentase 89% dengan kategori sangat baik. \r\nPada tahap implementasi peneliti mengimplementasikan e-modul berbasis STEM \r\npada kelas XI SMA YP Unila yang terdiri dari satu kelas menunjukkan adanya \r\nperbedaan antara nilai rata-rata hasil belajar fluida statis dengan KKM yaitu \r\nsebesar 4,294. Peningkatan hasil belajar pretest dan posttest peserta didik \r\nmengalami peningkatan yang signifikan. Selain itu dilakukan uji kepraktisan \r\nlapangan ada tahap implementasi e -modul berbasis STEM memperoleh \r\npersentase 91% dengan kategori sangat baik. Pada tahap evaluasi peneliti\r\nmelakukan evaluasi setiap tahap baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Dengan \r\ndemikian dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan yakni e-modul\r\nberbasis STEM valid, efektif dan praktis untuk menstimulus HOTS peserta didik. \r\nKata kunci: E-Modul, Stimulus HOTS, Berbasis STEM, Fluida Statis.\r\n\r\nThe purpose of this study was to develop an e-module to stimulate students' HOTS \r\non STEM-based static fluid material. This study uses a research and development \r\n(R&D) development research method using the ADDIE model which consists of \r\nfive stages of research, namely analysis, design, development, implementation and \r\nevaluation. The instruments used were tes and non-test instruments in the form of \r\nexpert validation sheets to determine the validity of the developed e -module, \r\nstudent response instruments to determine the practicality of the developed e module and tests in the form of higher-order thinking skills questions to determine \r\nthe effectiveness of the developed e-module \r\nPreliminary research results show that STEM-based e-modules have not been \r\ndeveloped and the HOTS capabilities are not yet optimal. So it is necessary to \r\nhave teaching materials that can stimulate HOTS of students. So the researchers \r\nvi\r\nMera afriyanti\r\ndeveloped an e-module product based on Science, Technology, Engineering and \r\nMathmetics (STEM). At the design stage, the researcher made a framework for \r\nthe structure of learning resources, systematic presentation of the material, \r\ndrafted the initial product, made STEM-based story boards and developed \r\nmaterials. In addition, made several validation questionnaires, one on one test \r\nquestionnaires, student response questionnaires, and test questionnaires in the \r\nform of multiple choice questions. At the development stage, content, construct, \r\nand language validation tests are carried out on the e-module with a STEM \r\napproach. Content validation obtained a percentage of 81%, construct validation \r\nwas 86%, and language validation was 88% with a very feasible category. In \r\naddition, a one-on-one readability test using STEM-based e-modules obtained a \r\npercentage of 89% in the very good category. At the implementation stage, the \r\nresearcher implemented a STEM-based e-module in class XI SMA YP Unila \r\nwhich consisted of one class showing that there was a difference between the \r\nmean value of static fluid learning outcomes and KKM, which was 4,294. The \r\nincrease in students' pretest and posttest learning outcomes experienced a \r\nsignificant increase. In addition, field practicality tests were carried out in the \r\nimplementation stage of STEM-based e-modules obtaining a percentage of 91% \r\nwith a very good category. At the evaluation stage, the researcher evaluates each \r\nstage both qualitatively and quantitatively. Thus, it can be concluded that the \r\nproduct developed, namely the STEM-based e-module, is valid, effective and \r\npractical to stimulate the HOTS of students. \r\nKeywords: E-Module, HOTS Stimulus, STEM-Based, Static Fluid. "^^ . "2021" . . . . . "Universitas Lampung"^^ . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, Universitas Lampung"^^ . . . . . . . . . "1923022020"^^ . "Mera Afriyanti "^^ . "1923022020 Mera Afriyanti "^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK MENSTIMULUS HOTS\r\nPESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA STATIS \r\nBERBASIS STEM (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK - MERA.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK MENSTIMULUS HOTS\r\nPESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA STATIS \r\nBERBASIS STEM (File PDF)"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK MENSTIMULUS HOTS\r\nPESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA STATIS \r\nBERBASIS STEM (File PDF)"^^ . . . "TESIS TANPA PEMBAHASAN - MERA.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK MENSTIMULUS HOTS\r\nPESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA STATIS \r\nBERBASIS STEM (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK MENSTIMULUS HOTS\r\nPESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA STATIS \r\nBERBASIS STEM (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK MENSTIMULUS HOTS\r\nPESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA STATIS \r\nBERBASIS STEM (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK MENSTIMULUS HOTS\r\nPESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA STATIS \r\nBERBASIS STEM (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK MENSTIMULUS HOTS\r\nPESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA STATIS \r\nBERBASIS STEM (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK MENSTIMULUS HOTS\r\nPESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA STATIS \r\nBERBASIS STEM (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK MENSTIMULUS HOTS\r\nPESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA STATIS \r\nBERBASIS STEM (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK MENSTIMULUS HOTS\r\nPESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA STATIS \r\nBERBASIS STEM (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK MENSTIMULUS HOTS\r\nPESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA STATIS \r\nBERBASIS STEM (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK MENSTIMULUS HOTS\r\nPESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA STATIS \r\nBERBASIS STEM (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK MENSTIMULUS HOTS\r\nPESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA STATIS \r\nBERBASIS STEM (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK MENSTIMULUS HOTS\r\nPESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA STATIS \r\nBERBASIS STEM (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK MENSTIMULUS HOTS\r\nPESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA STATIS \r\nBERBASIS STEM (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK MENSTIMULUS HOTS\r\nPESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA STATIS \r\nBERBASIS STEM (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK MENSTIMULUS HOTS\r\nPESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA STATIS \r\nBERBASIS STEM (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #60614 \n\nPENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK MENSTIMULUS HOTS \nPESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA STATIS \nBERBASIS STEM \n\n" . "text/html" . . . "370 Pendidikan" . . . "510 Matematika" . .