%0 Generic %A Rhosita, 1713032009 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2021 %F eprints:60657 %I FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PEMBELAJARAN DARING MICROTEACHING TERHADAP CIVIC COMPETENCE MAHASISWA PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) PPKN UNIVERSITAS LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/60657/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh pembelajaran daring microteaching terhadap Civic Competence mahasiswa Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) PPKn Universitas Lampung. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif jumlah populasi sebanyak 63 mahasiswa. Sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan mengambil sampel yang termasuk dalam kriteria yaitu PPKn angkatan 2017. Dari hasil penelitian diketahui nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 lebih kecil dari probabilitas 0,05 dan thitung sebesar 4,540 lebih besar dari ttabel sebesar 1,671. Maka H1 diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh Pembelajaran secara daring terhadap Civic Competence mahasiswa Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) PPKn Universitas Lampung. Kata Kunci : Pembelajaran, Microteaching, Civic Competence ii This study aims to identify the influence of online learning microteaching on the Civic Competence of students in the Field Introduction of PPKn University of Lampung. The method used is descriptive method with a quantitative approach with a population of 63 students. The sample used was purposive sampling by taking samples included in the criteria, namely PPKn class 2017. From the results of the study, it is known that the significance value (Sig.) Of 0.000 is smaller than the probability of 0.05 and the thitung of 4.540 is greater than the ttabel of 1.671. Then H1 is accepted and Ho is rejected. Thus it can be concluded that there is a significant influence between the influece of online learning on the Civic Competence of students in the School Field Introduction PPKn, University of Lampung. Keywords: Learning, Microteaching, Civic Competence