@misc{eprints60663, title = {HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DENGAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sukoharjo Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021)}, author = {1713021027 Nadila Intan Saputri}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2021}, url = {http://digilib.unila.ac.id/60663/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional siswa dengan kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian yaitu se- luruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sukoharjo, kecamatan Sukoharjo, Kabupa- ten Pringsewu tahun pelajaran 2020/2021 yang terdistribusi dalam sembilan kelas. Sampel penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling dan terpilihlah siswa kelas VIII-A. Desain penelitian menggunakan penelitian korelasional. Data pene- litian berupa data kuantitatif yaitu berupa skor kecerdasan emosional siswa yang diperoleh melalui kegiatan pengisian kuesioner kecerdasan emosional siswa dan skor kemampuan representasi matematis siswa yang diperoleh melalui kegiatan tes materi lingkaran. Analisis data menggunakan uji korelasi pearson product moment. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional siswa dengan kemampuan representasi matematis siswa, dengan angka indeks korelasi pearson product moment sebesar 0,698. Kata kunci : hubungan, kecerdasan emosional siswa, kemampuan representasi matematis. } }