title: HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN PENDIDIK PADA MATERI DAN LINGKUNGAN BELAJAR DI RUMAH DENGAN HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI GUGUS DOKTER WAHIDIN SUDIRO HUSODO KECAMATAN METRO BARAT creator: RISKI WAHYUNI, 1713053108 subject: 370 Pendidikan description: Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya penguasaan pendidik pada materi, lingkungan belajar di rumah yang kurang nyaman, dan rendahnya hasil belajar tematik peserta didik. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antarapenguasaan pendidik pada materi dan lingkungan belajar di rumahsecara bersama-sama dengan hasil belajar tematik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuntitatif dengan metode expost facto korelasi. Populasi berjumlah 120 orang peserta didik dan sampel 57 orang peserta didik dengan menggunakan teknik probability sampling. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan korelasi product momentdan multiple correlation. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara penguasaan pendidik pada materi dan lingkungan belajar di rumah dengan hasil belajar tematik peserta didik ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,599 berada pada taraf “Cukup Kuat”. Kata kunci: hasil belajar tematik, lingkungan belajar di rumah, penguasaan pendidik pada materi. The problem in this research is the lack of mastery of the material by the educators, the learning environment at home is less comfortable, and the low thematic learning outcomes of students. This study aims to determine the significant relationship between teacher mastery of material and learning environment at home collectivelythe same as thematic learning outcomes. The type of research used is kuntitatif research with expost facto correlation method. The population numbered 120 students and a sample of 57 students using probability sampling techniques. The data collection instrument was a questionnaire with a Likert scale, which had previously been tested for validity and reliability. Data analysis using product moment correlation and multiple correlation. The results showed that there was a significant relationship between the teacher's mastery of the material and the learning environment at home and the students' thematic learning outcomes indicated by a correlation coefficient of 0.599 which was at the level of "Strong Enough". . Key words : thematic learning results, learning environment at home, teachers' mastery of the material. publisher: FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN date: 2021 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/60670/1/ABSTRAK%20-%20Rizki%20Wahyuni.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/60670/2/SKRIPSI%20FULL%20-%20Rizki%20Wahyuni.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/60670/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-%20Rizki%20Wahyuni.pdf identifier: RISKI WAHYUNI, 1713053108 (2021) HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN PENDIDIK PADA MATERI DAN LINGKUNGAN BELAJAR DI RUMAH DENGAN HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI GUGUS DOKTER WAHIDIN SUDIRO HUSODO KECAMATAN METRO BARAT. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/60670/