creators_name: Annisa Widita Habsari, 0911011042 creators_id: annisa_widita@yahoo.com type: other datestamp: 2014-12-29 06:39:16 lastmod: 2014-12-29 06:39:16 metadata_visibility: show title: ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA HOTEL SAHIDDI BANDAR LAMPUNG ispublished: pub subjects: General full_text_status: restricted abstract: Perkembangan dunia bisnis yang sangat cepat membuat persaingan semakin ketat.Para pelaku dunia bisnis berlomba-lomba untuk meningkatkan profit perusahaannya tidak terkecuali dalam bisnis yang bergerak di sektor pariwisata. Dewasa ini persaingan industri perhotelan sangat ketat diakibatkan oleh banyaknya perusahaan sejenis dan semakin banyak alternatif pilihan bagi konsumen. Perusahaan yang bergerak dibidang perhotelan dituntut untuk mampu memberikan pelayanan yang baik kepada konsumennya. Hal ini perlu dilakukan agar perusahaan dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada konsumennya sehingga konsumen merasa puas dan memiliki kesan yang baik dan konsumen tersebut merasa loyal terhadap hotel tersebut. Masalah yang dihadapi perusahaan adalah kualitas pelayanan yang dapat mempengaruhi loyalitas konsumen di Hotel Sahid Bandar Lampung, untuk itu Hotel Sahid Bandar Lampung perlu mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kualitas pelayanan. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah variabel Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, dan Tangible dan loyalitas konsumen dapat memperlihatkan kinerja perusahaan yang dapat dianalisis dan seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen Hotel Sahid di Bandar Lampung. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah non probability sampling. Data diperoleh dari penyebaran kuisioner dengan model persamaan structural atau Structural Equation Modeling (SEM). Dengan ukuran sampel minimal 400 responden yang pernah menggunakan jasa pelayanan padaHotel Sahid Bandar Lampung. Hasil analisis deskriptif, terlihat bahwa Variabel X dan Y memiliki kinerja yang berbeda. Pada variabel Kualitas Pelayanan (X) yaitu reliability (X1),responsiveness (X2), assurance (X3) empathy (X4), dan tangible (X5) dan yang memiliki skor tertinggi yaitu responsiveness, sedangkan skor terendah yaitu emphaty, hal ini terbukti dengan jawaban yang mereka berikan banyak mengatakan kurang merasa puas dengan kualitas pelayanan yang diberikan.Kemudian dari analisis kuantitatif, yaitu dengan menggunakan perhitungan SEM, assurance memberikan kontribusi yang lebih besar dalam memberikan pengaruh kepada kualitas pelayanan pada Hotel Sahid dari pada variabel lainnya. Kemudian disusul dengan variabel empathy, tangible, responsiveness, dan reliability. Kata kunci : Kualitas pelayanan, loyalitas konsumen. date: 2014-12-12 date_type: published publisher: Fakultas Ekonomi dan Bisnis place_of_pub: Universitas Lampung institution: Universitas Lampung department: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis thesis_type: other citation: Annisa Widita Habsari, 0911011042 (2014) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA HOTEL SAHIDDI BANDAR LAMPUNG. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/6069/1/1.%20ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/6069/2/2.%20COVER%20dalam.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/6069/3/3.%20Lembar%20Persetujuan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/6069/4/4.%20Lembar%20Pengesahan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/6069/5/5.%20Surat%20Pernyataan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/6069/6/6.%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/6069/7/7.%20MOTTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/6069/8/8.%20PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/6069/9/9.%20SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/6069/10/10.%20Daftar%20Isi.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/6069/11/11.%20DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/6069/12/12.%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/6069/13/13.%20BAB%20I..pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/6069/113/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/6069/15/15.%20BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/6069/16/16.%20Bab%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/6069/17/17.%20BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/6069/18/18.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf