%A ANIZAR SURYATII %T PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS I SD NEGERI 1 SUKARAME BANDAR LAMPUNG %X Berdasarkan pengamatan, pembelajaran tematik yang dilaksanakan di SDN 1 Sukarame Bandar Lampung belum menunjukkan makna pembelajaran tematik yang sesungguhnya. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru, pemisahan mata pelajaran masih tampak jelas walaupun fokus pembelajaran diarahkan pada tema-tema. Siswa juga kurang terlibat dalam proses pembelajaran sehingga siswa tidak memperoleh pengalaman langsung dan kurang terlatih untuk menemukan sendiri pengetahuan yang dipelajari. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas I SDN 1 Sukarame Bandar Lampung. Penelitian dilaksanakan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Prosedur yang digunakan dalam bentuk siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui lembar observasi untuk mengumpulkan data aktivitas siswa dan tes hasil belajar untuk mengumpulkan data prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran tematik dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas belajar pada siklus I, 67,5 menjadi 91,3 pada siklus II. Begitu pula prestasi belajar siswa pada siklus I, siswa yang tuntas belajar 77,5% menjadi 100% pada akhir siklus II. Kata Kunci: Prestasi Belajar dan Pembelajaran Tematik %C Universitas Lampung %D 2011 %I Fakultas KIP %L eprints607