title: PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI creator: Ratna Nur Aisyah, 1713031039 subject: 300 Ilmu sosial description: ABSTRAK PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI OLEH RATNA NUR AISYAH Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar, penggunaan Google Classroom dan manajemen waktu terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa aktif kelas X IPS SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 64 siswa dengan teknik pengambilan sampel probability sampling dengan menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner yang dibagikan melalui google formulir sebagai alat pengumpulan data. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t dan F serta diolah dengan program SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh kemandirian belajar, penggunaan Google Classroom dan manajemen waktu terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMA Gajah Mada Bandar Lampung dengan kadar determinasi sebesar 0,767 atau 76,7% prestasi belajar dipengaruhi oleh kemandirian belajar, penggunaan Google Classroom dan manajemen waktu, sisanya sebesar 23,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Penggunaan Google Classroom, Manajemen Waktu, Prestasi Belajar. ABSTRACT THE INFLUENCE OF LEARNING INDEPENDENCE, GOOGLE CLASSROOM USE, AND TIME MANAGEMENT TO STUDENT ACHIEVEMET ON ECONOMICS SUBJECT By RATNA NUR AISYAH The research aims to determine the influence of learning independence, Google Classroom use, and time management to student achievement on economics subject at grade X of Social Science in Senior High School State SMA Gajah Mada Bandar Lampung. The research method was verificative description with an ex post facto and survey approach. The populations were all active students at grade X of Social Science in SMA Gajah Mada Bandar Lampung. The sampling technique was probability sampling with type of simple random sampling and obtained of 64 students as the samples. The data were collected through questionnaire which was created from Google form. The hypotheses test were conducted through ttest and ftest and processed by using SPSS program. the analysis data showed that there was influence of learning independence, Google Classroom use, and time management to students’ achievement on economics subject at grade X of Social Science in Senior High School State SMAN Gajah Mada Bandar Lampung with the determinant rate of 0,767 or 76,7 percent the student achievement was influenced by learning independence, Google Classroom use, and time management. Meanwhile, the rest of 23,3 percent was influenced by other factors which were not examined in the research. Key words: Google Classroom use, learning independence, student achievement, time management publisher: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2021 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/60725/1/ABSTRAK%20RATNA%20NUR%20AISYAH%20-%20ratnanur%20aisyah.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/60725/2/FULL%20SKRIPSI%20TANPA%20LAMPIRAN%20-%20ratnanur%20aisyah.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/60725/3/FULL%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-%20ratnanur%20aisyah.pdf identifier: Ratna Nur Aisyah, 1713031039 (2021) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/60725/