%A 1011011020 Mus?ab Robbani %T PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE DI BANDAR LAMPUNG ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung ) %X ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh timbulnya fenomena persaingan antar merek dan kemunculan berbagai merek baru yang meramaikan persaingan pasar khususnya untuk kategori produk handphone. Secara khusus, penelitian ini mengulas upaya yang dilakukan iPhone untuk meningkat pangsa pasar dengan cara membentuk dan meningkatkan ekuitas merek sekuat mungkin, karena ekuitas merek yang kuat dapat mendorong konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Masalah pada penelitian ini adalah menurunnya market share iPhone walaupun permintaan terhadap unit produk meningkat, adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu ?Apakah Ekuitas Merek Yang Terdiri Dari Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, Dan Loyalitas Merek Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian iPhone Di Bandar Lampung??. Penelitian ini secara khusus menguji elemen-elemen ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian iPhone di Bandar Lampung. Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 100 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima dengan (R?) sebesar 0,529 dan variabel asosiasi merek (X3) merupakan variabel yang mendapatkan nilai tertinggi dengan koefisien sebesar 0,327 dan variabel persepsi kualitas (X2) merupakan variabel terendah dengan nilai koefisien sebesar 0,258. Kata kunci : Ekuitas merek, kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, loyalitas merek dan keputusan pembelian %C Universitas Lampung %D 2014 %I Fakultas Ekonomi dan Bisnis %L eprints6074