creators_name: DINA ANGGRAENI , 1713031024 creators_id: dinaanggraeni024@gmail.com type: other datestamp: 2022-05-10 02:33:16 lastmod: 2022-05-10 02:33:16 metadata_visibility: show title: PENGARUH PEMBELAJARAN MICRO TEACHING, PERSEPSI PROFESI GURU, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA JURUSAN IPS FKIP UNILA ispublished: pub subjects: 370 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran micro teaching, persepsi profesi guru, dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa jurusan IPS. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitiaan ini adalah mahasiswa aktif jurusan IPS FKIP Universitas Lampung angkatan 2017. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 72 orang mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t dan F serta diolah dengan program SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran micro teaching, persepsi profesi guru dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa jurusan IPS dengan kadar determinasi sebesar 0,523 atau 52,3% minat menjadi guru dipengaruhi oleh pembelajaran micro teaching, persepsi profesi guru dan lingkungan keluarga, sisanya yaitu sebesar 47,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci: pembelajaran micro teaching, persepsi profesi guru, lingkungan keluarga, minat menjadi guru ABSTRACT THE INFLUENCE OF MICRO TEACHING LEARNING, TEACHER PROFESSION PERCEPTION, AND FAMILY ENVIRONMENT ON SOCIAL SCIENCE STUDENTS’ INTENTION IN FKIP UNILA TO BE A TEACHER By DINA ANGGRAENI The research aims to determine the influence of micro teaching learning, teacher profession perception, and family environment on social science students’ intention to be a teacher. The research method used a descriptive verification with an ex post facto and survey approach. The population was active students of social science studentsbatch 2017 of FKIP Universitas Lampung. The samples were 72 students with non-probability sampling technique using purposive sampling. The data collection used a questionnaire. The hypothesis testing was carried out through t and F tests and then processed by the SPSS program. The research results show that there is an influence of micro teaching learning, teacher profession perception, and family environment on social science students’ intention to be a teacherwith determinant level of 0.523 or 52.3 percent of students’ intention to be a teacher is influenced by micro teaching learning, teacher profession perception, and the family environment, while the rest of 47.7 percent is influenced by other factors. Keywords: family environment, intention, micro teaching learning, teacher professionperception date: 2021 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: DINA ANGGRAENI , 1713031024 (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN MICRO TEACHING, PERSEPSI PROFESI GURU, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA JURUSAN IPS FKIP UNILA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/60742/1/1.%20ABSTRAK-DINA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/60742/2/2.%20SKRIPSI%20FULL%20-%20DINA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/60742/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20DINA.pdf