%A 1713054019 MOHAMAD THOBI %T PENGETAHUAN GURU PENDIDIKANA ANAK USIA DINI TENTANG METODE BERCAKAP-CAKAP PADA PEMBELAJARAN DI PAUD %X ABSTRAK PENGETAHUAN GURU PENDIDIKANA ANAK USIA DINI TENTANG METODE BERCAKAP-CAKAP PADA PEMBELAJARAN DI PAUD OLEH MOHAMAD THOBI Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan guru PAUD tentang metode bercakap-cakap pada pembelajaran di PAUD. Populasi penelitian ini, yaitu seluruh guru TK di Kecamatan Labuhan Ratu dengan jumlah gurusebanyak 94 guru, sampel penelitian dihitung menggunakan rumus Slovin dengan hasil 48 guru, kemudian peneliti menggunakan teknik sampling area, sebagai teknik pengambilan sampel. Sebanyak 48 guru perwakilan dari masing-masing kelurahan yang ada di Kecamatan Labuhan Ratu, seperti Kelurahan Labuhan Ratu, Kelurahan Labuhan Ratu Raya, Kelurahan Kampung Baru, Kelurahan Kampung Baru Raya, Kelurahan Kota Sepang dan Kelurahan Sepang Jaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes dan dokumen. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 34% guru berada pada tingkatan sangat paham, 39% guru berada pada tingakatan paham, 18% guru kurang paham dan 9% guru. Kata kunci : metode bercakap-cakap, PAUD, pengetahuan guru. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2021 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints60782