<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING\r\nPEMBELAJARAN TEMATIK DALAM POTENSI\r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nKRITIS PESERTA DIDIK KELAS V\r\nSD AL KAUTSAR"^^ . "Penelitian bertujuan terwujudnya model Problem Based Learning (PBL) pada\r\npembelajaran tematik yang layak secara teoritis dan layak digunakan oleh\r\npendidik pada pembelajaran di kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah\r\npenelitian pengembangan. Populasi penelitian adalah pendidik kelas V SD Al\r\nKautsar yang berjumlah 8 pendidik yang sekaligus dijadikan sampel. Penelitian\r\nini menggunakan Ananlisis Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data\r\ndengan dokumentasi, observasi, dan kuesioner. Produk yang di hasilkan dalam\r\npenelitian ini adalah pengembangan model PBL pembelajaran tematik\r\nmengadaptasi dari model PBL menurut Richard I. Arends (2015: 421) dan\r\ndimplementasikan ke dalam sintak model Experiential Learning oleh Kolb (1984)\r\nyaitu (1) Tahapan Diverging (Kombinasi elemen pengalaman konkrit dan\r\nobservasi reflektif); (2) Tahapan Assimilating (Kombinasi konseptualisasi abstrak\r\ndan observasi reflektif); (3) Tahapan Converging (Kombinasi konseptualisasi\r\nabstrak dan ekperimen aktif); dan (4) Tahapan Accommodating (Kombinasi\r\npengalaman konkrit dan eksperimentasi aktif). Produk model PBL pembelajaran\r\ntematik yang dikembangkan ini menggunakan prosedur penelitian dan\r\npengembangan Research and Development (R&D) Borg and Gall hanya sampai\r\npada tahap 5 (lima), meliputi (1) identifikasi potensi dan masalah; (2) rancangan\r\nproduk; (3) validasi rancangan produk; (4) revisi produk, dan (5) validasi\r\npengguna produk. Hasil pengembangan produk divalidasi oleh ahli materi\r\nmenunjukkan hasil 3,30 dengan kriteria layak, serta divalidasi oleh pengguna\r\nyaitu pendidik kelas V SD Al Kautsar yang berjumlah 8 orang pendidik untuk\r\nmendukung pembentukan pengetahuan dan kemampuan berpikir kritis peserta\r\ndidik dalam proses pembelajaran di kelas dengan perolehan skor rata-rata 3,53\r\ndengan kriteria layak atau 88,2% dengan predikat sangat baik.\r\nKata kunci: berpikir kritis, model problem based learning, pembelajaran tematik\r\nThis study aims to create a Problem Based Learning (PBL) model in thematic\r\nlearning that is theoretically feasible and suitable for use by educators in\r\nclassroom learning. The research method used is development research. The\r\nresearch population was fifth grade educators at Al Kautsar primary school who\r\ncollected 8 educators who were also used as samples. This study uses a qualitative\r\ndescriptive analysis. Data collection techniques with documentation, observation,\r\nand questionnaires. The product produced in this study is the development of the\r\nProblem Based Learning model in thematic learning adapting the Problem Based\r\nLearning model according to Richard I. Arends (2015: 421) and implemented into\r\nthe Experiential Learning syntax model by Kolb (1984) namely (1) Diverging\r\nstages (a combination of elements of concrete experience and reflective\r\nobservation); (2) Assimilation Stage (Combination of abstract conceptualization\r\nand reflective observation); (3) Converging Stage (Combination of abstract\r\nconceptualization and active experiment); and (4) Accommodating Stage\r\n(Combination of concrete experience and active experimentation). The Problem\r\nBased Learning model in thematic learning product model developed using\r\nresearch and development procedures Borg and Gall's Research and Development\r\n(R&D) only reached stage 5 (five), including (1) knowing the potential and\r\nproblems; (2) product design; (3) product design validation; (4) product revision,\r\nand (5) product user validation. The results of product development that were\r\nvalidated by material experts showed 3.30 results with appropriate criteria, and\r\nwere validated by users, namely fifth grade educators at Al Kautsar primary\r\nschool who gathered 8 educators to support the formation of knowledge and\r\ncritical thinking skills of students in the learning process in class by the\r\nacquisition of an average score of 3.53 with eligible criteria or 88.2% with very\r\ngood predicate.\r\nKeywords: critical thinking, problem based learning model, thematic learning"^^ . "2021" . . . . . "UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PINDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . . . . . . . "1723053026"^^ . "SITI WITRIYAHATI"^^ . "1723053026 SITI WITRIYAHATI"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING\r\nPEMBELAJARAN TEMATIK DALAM POTENSI\r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nKRITIS PESERTA DIDIK KELAS V\r\nSD AL KAUTSAR (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK TESIS SITI WITRIYAHATI (MKGSD 2017) - siti witriyahati.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING\r\nPEMBELAJARAN TEMATIK DALAM POTENSI\r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nKRITIS PESERTA DIDIK KELAS V\r\nSD AL KAUTSAR (File PDF)"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING\r\nPEMBELAJARAN TEMATIK DALAM POTENSI\r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nKRITIS PESERTA DIDIK KELAS V\r\nSD AL KAUTSAR (File PDF)"^^ . . . "FULL TESIS tanpa PEMBAHASAN SITI WITRIYAHATI (MKGSD 2017) - siti witriyahati.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING\r\nPEMBELAJARAN TEMATIK DALAM POTENSI\r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nKRITIS PESERTA DIDIK KELAS V\r\nSD AL KAUTSAR (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING\r\nPEMBELAJARAN TEMATIK DALAM POTENSI\r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nKRITIS PESERTA DIDIK KELAS V\r\nSD AL KAUTSAR (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING\r\nPEMBELAJARAN TEMATIK DALAM POTENSI\r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nKRITIS PESERTA DIDIK KELAS V\r\nSD AL KAUTSAR (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING\r\nPEMBELAJARAN TEMATIK DALAM POTENSI\r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nKRITIS PESERTA DIDIK KELAS V\r\nSD AL KAUTSAR (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING\r\nPEMBELAJARAN TEMATIK DALAM POTENSI\r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nKRITIS PESERTA DIDIK KELAS V\r\nSD AL KAUTSAR (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING\r\nPEMBELAJARAN TEMATIK DALAM POTENSI\r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nKRITIS PESERTA DIDIK KELAS V\r\nSD AL KAUTSAR (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING\r\nPEMBELAJARAN TEMATIK DALAM POTENSI\r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nKRITIS PESERTA DIDIK KELAS V\r\nSD AL KAUTSAR (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING\r\nPEMBELAJARAN TEMATIK DALAM POTENSI\r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nKRITIS PESERTA DIDIK KELAS V\r\nSD AL KAUTSAR (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING\r\nPEMBELAJARAN TEMATIK DALAM POTENSI\r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nKRITIS PESERTA DIDIK KELAS V\r\nSD AL KAUTSAR (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING\r\nPEMBELAJARAN TEMATIK DALAM POTENSI\r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nKRITIS PESERTA DIDIK KELAS V\r\nSD AL KAUTSAR (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING\r\nPEMBELAJARAN TEMATIK DALAM POTENSI\r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nKRITIS PESERTA DIDIK KELAS V\r\nSD AL KAUTSAR (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING\r\nPEMBELAJARAN TEMATIK DALAM POTENSI\r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nKRITIS PESERTA DIDIK KELAS V\r\nSD AL KAUTSAR (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING\r\nPEMBELAJARAN TEMATIK DALAM POTENSI\r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nKRITIS PESERTA DIDIK KELAS V\r\nSD AL KAUTSAR (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING\r\nPEMBELAJARAN TEMATIK DALAM POTENSI\r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nKRITIS PESERTA DIDIK KELAS V\r\nSD AL KAUTSAR (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING\r\nPEMBELAJARAN TEMATIK DALAM POTENSI\r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nKRITIS PESERTA DIDIK KELAS V\r\nSD AL KAUTSAR (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #60786 \n\nPENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING \nPEMBELAJARAN TEMATIK DALAM POTENSI \nMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR \nKRITIS PESERTA DIDIK KELAS V \nSD AL KAUTSAR\n\n" . "text/html" . . . "370 Pendidikan" . . . "372 Pendidikan dasar" . .