TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints60795 UR - http://digilib.unila.ac.id/60795/ A1 - HESTI YUSFITA DIANA, 1713021018 Y1 - 2021/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan awal matematika siswa terhadap pemahaman konsep matematis siswa hasil pembelajaran dengan media google classroom dan grup whatsapp. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X.IPA SMA Negeri 1 Way Jepara Kabupaten Lampung Timur semester genap tahun pelajaran 2020/20201 yang terdistribusi dalam enam kelas. Sampel yang terpilih yaitu kelas X.IPA.4, X.IPA.5, dan X.IPA.6 melalui teknik cluster random sampling dengan jumlah siswa sebanyak 70 yang digunakan sebagai sampel penelitian. Data penelitian yang diambil berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan awal matematika siswa dan tes pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier dan koefisien korelasi diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan awal matematika siswa berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa hasil pembelajaran dengan media google classroom dan grup whatsapp. Kata kunci: google classroom, hasil belajar, kemampuan awal, pemahaman konsep matematis, whatsapp PB - FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TI - PENGARUH KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA HASIL PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM DAN GRUP WHATSAPP (Studi pada Siswa Kelas X.IPA SMA Negeri 1 Way Jepara Kabupaten Lampung Timur Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021) AV - restricted ER -