TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints60807 UR - http://digilib.unila.ac.id/60807/ A1 - Maryana, 1716051002 Y1 - 2021/// N2 - 2 PENGARUH LEVERAGE, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE TAHUN 2016-2019) Oleh Maryana Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh leverage, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas. Populasi yang digunakan yaitu perusahaan perbankan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) seIama 4 tahun terdiri dari 184 perusahaan dan yang menjadi sampel daIam penelitian ini adalah 108 perusahaan dengan menggunakan purposive sampling. Penelitian ini mengggunakan teknik analisis regresi model data panel dan alat analisis yang digunakan adalah program Eviews for Windows 11. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa leverage dan pertumbuhan penjualan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabiitas. Sedangkan ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap profitabiIitas. Secara simultan, leverage, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap profitabiIitas. Kata kunci : Leverage, Pertumbuhan Penjualan, dan Ukuran Perusahaan. 3 THE INFLUENCE OF LEVERAGE, SALES GROWTH AND CORPORATE SIZE ON PROFITABILITY. (CASE STUDIES ON BANKING COMPANIES REGISTERED TO THE INDONESIA STOCK EXCHANGE (BEI) 2016-2019 PERIOD ) By Maryana The research aims to anaIyze the Ieverage, the saIes growth and corporate size on profitabiIity. The popuIation used is a banking company registed to the Indonesia Stock Exchange (IDX) period 2016-2019 as much as 184 and that becomes the sampIe in this research is 108 reputabIe sampIing companies. It uses regression anaIysis techniques data modeI paneIs and uses the Eviews program anaIysis for Windows 11. The research suggests that Ieverage and saIes growth partiaIIy do not significant effect profitabiIity. But, partiaI corporate size has a significant impact on profitabiIity. SimuItaneousIy, Ieverage, saIes growth and corporate size have a significant impact on profitabiIity. Keyword : Leverage, SaIes Growth, and Company Size. PB - FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK TI - PENGARUH LEVERAGE, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE TAHUN 2016-2019) AV - restricted ER -