<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PEMODELAN DAN ANALISIS DINAMIK SUBMERGED FLOATING\r\nTUNNEL SEBAGAI SARANA PENYEBERANGAN ANTAR PULAU"^^ . "ABSTRAK\r\n\r\nPEMODELAN DAN ANALISIS DINAMIK SUBMERGED FLOATING\r\nTUNNEL SEBAGAI SARANA PENYEBERANGAN ANTAR PULAU\r\n\r\nOleh\r\n\r\nNURCAHYA NUGRAHA\r\n\r\nSalah satu alternatif sarana penyeberangan antar pulau adalah Submerged\r\nFloating Tunnel (SFT). Meskipun memiliki banyak keunggulan, minimnya data\r\nanalisis dinamik, membuat ragu banyak pihak terhadap teknologi ini. Berdasarkan\r\nhasil penelitian yang ada, belum ditemukan kajian tentang pengaruh radius\r\nkelengkungan SFT terhadap respon dinamik. Penelitian ini bertujuan untuk\r\nmengetahui pengaruh radius kelengkungan, diameter, konfigurasi tali tambat dan\r\nkedalaman instalasi struktur terhadap respon dinamik SFT. Diselidiki juga metode\r\nyang dapat menyelesaikan permasalahan dinamik SFT secara efisien.\r\nPenelitian dilaksanakan secara eksperimen dan numerik di Laboratorium\r\nMekanika Struktur, Jurusan Teknik Mesin, Universitas Lampung pada bulan\r\nSeptember 2020 - April 2021. Eksperimen dilakukan dengan mengukur gaya\r\nhidrodinamik yang diterima segmen tabung dengan variasi radius kelengkungan\r\n400, 800, 1200 mm di dalam kolam pembangkit ombak. Hasil eksperimen\r\ndibandingkan dengan hasil simulasi yang diperoleh dari ANSYS. Dilakukan\r\npemodelan struktur kontinu SFT secara matematik dengan variasi kedalaman dan\r\nkonfigurasi tali tambat berdasarkan prototipe SFT yang berada di Danau Qiandao,\r\nChina. Solusi numerik diperoleh dari penyelesaian menggunakan metode elemen\r\nhingga (FEM) dan metode superposisi mode (MSM).\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidrodinamik berbanding lurus\r\ndengan radius kelengkungan, gaya hidrodinamik berbanding terbalik dengan\r\nkedalaman lokasi pemasangan, gaya hidrodinamik berbanding lurus dengan\r\ndiameter tabung. Semakin besar kemiringan tali tambat SFT, maka semakin kecil\r\ndisplacement yang terjadi. Berdasarkan hasil yang diperoleh, metode MSM lebih\r\nakurat dan efisien dibandingkan metode FEM.\r\nKata kunci: SFT, radius kelengkungan, metode elemen hingga, metode superposisi\r\n\r\nmode\r\n\r\nABSTRACT\r\n\r\nMODELING AND DYNAMIC ANALYSIS OF SUBMERGED FLOATING\r\n\r\nTUNNEL AS INTER-ISLAND CROSSING MEANS\r\n\r\nBy\r\n\r\nNURCAHYA NUGRAHA\r\n\r\nOne alternative means of crossing between islands is the Submerged Floating\r\nTunnel (SFT). Although having many advantages, the lack of dynamic analysis data\r\nhas made many people doubt this technology. Based on the results of existing\r\nresearch, there has been no study on the effect of SFT radius of curvature on\r\ndynamic response. This study aims to determine the effect of radius of curvature,\r\ndiameter, configuration of mooring lines and the depth of the structure installation\r\non the dynamic response of SFT. Also investigated some methods that can solve\r\ndynamic SFT problems efficiently.\r\nThe research was carried out experimentally and numerically at the Structural\r\nMechanics Laboratory, Department of Mechanical Engineering, University of\r\nLampung in September 2020 - April 2021. The experiment was carried out by\r\nmeasuring the hydrodynamic force received by the tube segment with variations in\r\nthe radius of curvature, which is 400, 800, 1200 mm in a flume tank. The\r\nexperimental results were compared with the simulation results obtained from\r\nANSYS. Mathematical modeling of the continuous structure of the SFT with\r\nvariations in depth and configuration of mooring lines was carried out based on the\r\nSFT prototype located in Qiandao Lake, China. The numerical solution is obtained\r\nfrom the finite element method (FEM) and mode superposition method (MSM).\r\nThe results showed that the hydrodynamic force is directly proportional to the\r\nradius of curvature, the hydrodynamic force is inversely proportional to the depth\r\nof the installation location, the hydrodynamic force is directly proportional to the\r\ndiameter of the tube. The greater the slope of the SFT mooring lines, the smaller\r\nthe displacement that occurs. Based on the results obtained, the MSM method is\r\nmore accurate and efficient than the FEM method.\r\nKeywords: SFT, radius of curvature, finite element method, mode superposition\r\n\r\nmethod"^^ . "2021" . . . . . "UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . "FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . . . . . . . "NPM 1925021009"^^ . "NURCAHYA NUGRAHA "^^ . "NPM 1925021009 NURCAHYA NUGRAHA "^^ . . . . . . "PEMODELAN DAN ANALISIS DINAMIK SUBMERGED FLOATING\r\nTUNNEL SEBAGAI SARANA PENYEBERANGAN ANTAR PULAU (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK - Nurcahya Nugraha.pdf"^^ . . . "PEMODELAN DAN ANALISIS DINAMIK SUBMERGED FLOATING\r\nTUNNEL SEBAGAI SARANA PENYEBERANGAN ANTAR PULAU (File PDF)"^^ . . . "PEMODELAN DAN ANALISIS DINAMIK SUBMERGED FLOATING\r\nTUNNEL SEBAGAI SARANA PENYEBERANGAN ANTAR PULAU (File PDF)"^^ . . . "TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - Nurcahya Nugraha.pdf"^^ . . . "PEMODELAN DAN ANALISIS DINAMIK SUBMERGED FLOATING\r\nTUNNEL SEBAGAI SARANA PENYEBERANGAN ANTAR PULAU (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEMODELAN DAN ANALISIS DINAMIK SUBMERGED FLOATING\r\nTUNNEL SEBAGAI SARANA PENYEBERANGAN ANTAR PULAU (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEMODELAN DAN ANALISIS DINAMIK SUBMERGED FLOATING\r\nTUNNEL SEBAGAI SARANA PENYEBERANGAN ANTAR PULAU (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEMODELAN DAN ANALISIS DINAMIK SUBMERGED FLOATING\r\nTUNNEL SEBAGAI SARANA PENYEBERANGAN ANTAR PULAU (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PEMODELAN DAN ANALISIS DINAMIK SUBMERGED FLOATING\r\nTUNNEL SEBAGAI SARANA PENYEBERANGAN ANTAR PULAU (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PEMODELAN DAN ANALISIS DINAMIK SUBMERGED FLOATING\r\nTUNNEL SEBAGAI SARANA PENYEBERANGAN ANTAR PULAU (Other)"^^ . . . . . . "PEMODELAN DAN ANALISIS DINAMIK SUBMERGED FLOATING\r\nTUNNEL SEBAGAI SARANA PENYEBERANGAN ANTAR PULAU (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PEMODELAN DAN ANALISIS DINAMIK SUBMERGED FLOATING\r\nTUNNEL SEBAGAI SARANA PENYEBERANGAN ANTAR PULAU (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEMODELAN DAN ANALISIS DINAMIK SUBMERGED FLOATING\r\nTUNNEL SEBAGAI SARANA PENYEBERANGAN ANTAR PULAU (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEMODELAN DAN ANALISIS DINAMIK SUBMERGED FLOATING\r\nTUNNEL SEBAGAI SARANA PENYEBERANGAN ANTAR PULAU (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEMODELAN DAN ANALISIS DINAMIK SUBMERGED FLOATING\r\nTUNNEL SEBAGAI SARANA PENYEBERANGAN ANTAR PULAU (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PEMODELAN DAN ANALISIS DINAMIK SUBMERGED FLOATING\r\nTUNNEL SEBAGAI SARANA PENYEBERANGAN ANTAR PULAU (Other)"^^ . . . . . . "PEMODELAN DAN ANALISIS DINAMIK SUBMERGED FLOATING\r\nTUNNEL SEBAGAI SARANA PENYEBERANGAN ANTAR PULAU (Other)"^^ . . . . . . "PEMODELAN DAN ANALISIS DINAMIK SUBMERGED FLOATING\r\nTUNNEL SEBAGAI SARANA PENYEBERANGAN ANTAR PULAU (Other)"^^ . . . . . . "PEMODELAN DAN ANALISIS DINAMIK SUBMERGED FLOATING\r\nTUNNEL SEBAGAI SARANA PENYEBERANGAN ANTAR PULAU (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #60822 \n\nPEMODELAN DAN ANALISIS DINAMIK SUBMERGED FLOATING \nTUNNEL SEBAGAI SARANA PENYEBERANGAN ANTAR PULAU\n\n" . "text/html" . . . "620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan" . .