title: PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SD creator: FAJAR RAHAYU NINGWIASIH, 1723053007 subject: 370 Pendidikan subject: 372 Pendidikan dasar description: Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk LKPD berbasis problem based learning yang valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian dan pengembangan merujuk pada model pengembangan Borg & Gall yang terdiri atas tujuh langkah dan dikelompokkan menjadi tiga kelompok besar yaitu 1) pendahuluan untuk mengetahui informasi dan data awal melalui kajian teori dan kajian empiris pada tahap ini menghasilkan data awal tentang informasi pengembangan model problem based learning dan kajian teori tentang kemampuan berpikir kritis, 2) perencanaan dan pengembangan, pada tahap ini digunakan untuk membuat story book tentang LKPD, menyusun LKPD dan validasi expert, pada tahap ini menghasilkan LKPD berbasis problem based learning yang valid secara teori, dan 3) uji produk, pada tahap ini digunakan untuk menguji keefektivan LKPD yang melibatkan 20 peserta didik kelas VA SD Negeri 1 Raman Endra dengan desain penelitian sample prettest-postets desain. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD di Kecamatan Raman Utara. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling kelas V sebesar 20 peserta didik. Keefektivan produk diuji dengan menggunakan N-gain, pada tahap ini dihasilkan bahwa LKPD yang dikembangkan efektif dengan N- gain 0,51 dengan kategori “sedang”. Berdasarkan hal di atas disimpulkan bahwa LKPD berbasis problem based learning valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Kata Kunci : LKPD, Problem Based Learning, Berpikir Kritis The purpose of this research and development is to produce valid and effective problem-based learning worksheets to improve students' critical thinking skills The Research and development refers to the Borg & Gall development model which consists of seven steps and is grouped into three groups, 1) Preliminary to find out information and initial data through theoretical studies and empirical studies at this stage produce initial data on information on the development of problem based learning models and theoretical studies on critical thinking skills, 2) planning and development, at this stage it is used to make story books about worksheet, compile worksheet and expert validation, at this stage produce problem-based learning-based worksheets that are valid in theory, 3) product test, at this stage it was used to test the effectiveness of the worksheet involving 20 class 5 th students at SD Negeri 1 Raman Endra with a sample prettest-postets research design. The research population is students of grade 5th elementary school in Raman Utara subdistrict. The effectiveness of the product was tested using N-gain, at this stage it was found that the developed worksheet was effective with an N- gain of 0.51 in the "medium" category. Based on the above, it is concluded that problem- based learning worksheets are valid and effective to improve critical thinking skills. Keywords: worksheet, problem based learning, critical thinking skill date: 2021 type: Tesis type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/60832/1/1%20ABSTRAK%20-%20Fajar%20Rahayu.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/60832/2/2%20FULL%20TESIS%20TANPA%20LAMPIRAN%20-%20Fajar%20Rahayu.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/60832/3/3%20FULL%20TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-%20Fajar%20Rahayu.pdf identifier: FAJAR RAHAYU NINGWIASIH, 1723053007 (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SD. Other thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/60832/