title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK DI KELAS IV SD N 3 LANGKAPURA creator: RIKA TIARA SARI , NPM 1413953110 subject: 370 Pendidikan description: ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK DI KELAS IV SD N 3 LANGKAPURA Oleh RIKA TIARA SARI Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik SD Negeri 3 Langkapura. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri 3 Langkapura. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode quasi eksperimen. Desain penelitian menggunakan nonequivalent control grup design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di SD Negeri 3 Langkapura dengan jumlah 70 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan non propability sampling yaitu peserta didik kelas IV A dan IV C. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Analisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukan pengaruh yang signifikan sebesar 29,824 lebih besar dari yaitu 4,30 (29,824>4,30) dalam penerapan model pembelajaran inquiry terdapat hasil belajar tematik pada peserta didik kelas IV SD Negeri 3 Langkapura Bandar Lampung. Kata kunci: belajar, hasil belajar, pengaruh, inkuiri dan tematik. 1 ABSTRACT THE EFFECT OF INQUIRY LEARNING MODEL TO THE STUDENT’S LEARNING OUTCOME OF THEMATIC LEARNING IN GRADE IV OF SD N 3 LANGKAPURA By RIKA TIARA SARI The problem of the research was the student‟s learning outcome of thematic learning is still low. The purpose of this research was to determine the effect of inquiry learning model to the student‟s learning outcome of thematic learning in grade IV of SD N 3 Langkapura. The type of research was experimental research with the method of experimental quasi. This research design used nonequivalent control group design. The population consisted of 70 students. The sampling technique used non probability sampling is the student of grade IV A dan IV C. The data collection used test technique and non test. The data analysis used a simple linear regression formula. The analysis result showed a significant effect of 29,824 greater than of 4,30 (29,824>4,30) in the application of inquriy learning model to the learning outcome of thematic learning in grade IV of SD N 3 Langkapura Keywords: learning , learning outcomes, effect, inquiry and thematic publisher: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2021 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/60833/3/1.%20ABSTRAK%20-%20Rika%20Tiarasari.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/60833/1/2.%20SKRIPSI%20FULL%20-%20Rika%20Tiarasari.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/60833/2/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-%20Rika%20Tiarasari.pdf identifier: RIKA TIARA SARI , NPM 1413953110 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK DI KELAS IV SD N 3 LANGKAPURA. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/60833/