@misc{eprints60878, title = {KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH (STUDI KASUS DI SD NEGERI)}, author = {1753053024 Sapta Isniar Rahman}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2021}, url = {http://digilib.unila.ac.id/60878/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam peran kepemimpinan visioner yang dijalankan oleh kepala sekolah SD N 3 Jatimulyo dengan fokus penelitian kepemimpinan visioner kepala sekolah. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data di analisis mengacu pada data Miles dan Hubberman dengan langkah berikut: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah (1) peran kepemimpinan visioner kepala sekolah sebagai penentu arah (direction setter) sudah dilaksanakan dengan baik. (2) peran kepemimpinan visioner kepala sekolah sebagai agen perubahan (agen of change) sudah dilaksanakan dengan baik. (3) peran kepemimpinan visioner kepala sekolah sebagai juru bicara (spokes person) sudah dilaksanakn dengan baik. (4) peran keoemimpinan visioner kepala sekolah sebagai pelatih (coach) sudah dilaksanakan dengan baik. Kata kunci: agen perubahan, juru bicara, kepala sekolah, kepemimpinan visioner, pelatih, penentu arah. This study aims to describe in depth the role of visionary leadership performed by SD N 3 Jatimulyo principals. The research method used is qualitative with a case study approach. Retrieval techniques using interviews, observation, and documentation. Data analysis using Miles and Hubberman with the following steps: data collection, data reduction, data presentation, and drawing concusions. The validity of the data used source triangulation and technique triangulation. The result of this study are (1) the role of the principal?s visionary leadership as a determinant of direction setter has been implemented properly. (2) the role of the principal?s visionary leadership as a determinant of agen of change has been implemented properly. (3) the role of the principal?s visionary leadership as a determinant of spokes person has been implemented properly. (4) the role of the principal?s visionary leadership as a determinant of coach has been implemented properly. Keywords: Agen of Change, Coach, Direction Setter, Principal, Spokes Person, Visionary Leadership.} }